UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP BOLA MELALUI PERMAINAN BONAKOR PADA SISWA KELAS IV SDN 02PENGGARIT KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2013


RINA SUSANTI, 6101911144 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP BOLA MELALUI PERMAINAN BONAKOR PADA SISWA KELAS IV SDN 02PENGGARIT KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP BOLA MELALUI PERMAINAN BONAKOR PADA SISWA KELAS IV SDN 02PENGGARIT KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP BOLA MELALUI PERMAINAN BONAKOR PADA SISWA KELAS IV SDN 02PENGGARIT KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang pendidikan jasmani merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting, yang mampu mengantarkan manusia untuk tetap terlihat bugar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah : Bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran lempar tangkap bola melalui permainan bonakor terhadap peningkatan hasil belajar lempar tangkap bola pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Penggarit Tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang oleh kelas IV semester genap. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Teknik analisa data menggunakan penilaian lembar aktivitas guru yang digunakan untuk memperoleh data ketrampilan guru dalam memberikan pembelajaran, penilaian lembar aktivitas siswa yang digunakan untuk memperoleh data ketrampilan siswa yang meliputi aspek psikomotor, aspek afektif dan aspek kognitif, tes praktek dan angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap permainan bola warna berekor (Bonakor). Hasil penelitian kemampuan siswa dalam melakukan rangkaian gerak lempar tangkap bola meningkat dari 65 % atau 13 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 90 % atau 18 siswa yang mencapai batas tuntas pada akhir siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lempar tangkap bola melalui permainan bola warna berekor (Bonakor) dapat meningkatkan hasil belajar lempar tangkap bola pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Penggarit Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2013.Sesuaidenganhasilpenelitianmaka saran daripenelitiadalah (1) diharapkanpendekatanbermainmelaluibonakorpadapembelajaranlempartangkap bola dapatditerapkanoleh guru penjas lain (2) keaktifansiswadalampembelajaranperlulebihditingkatkanlagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pendekatan Bermain dan Bola Warna Berekor (Bonakor)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:39
Last Modified: 07 May 2014 11:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19495

Actions (login required)

View Item View Item