PEMBELAJARAN KAYANG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN “RAMBO” PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KAJAR KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2013


DELTA MARINA, 6101911142 (2013) PEMBELAJARAN KAYANG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN “RAMBO” PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KAJAR KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN KAYANG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN “RAMBO” PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KAJAR KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2013]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN KAYANG MELALUI PENDEKATAN BERMAIN “RAMBO” PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI KAJAR KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan instrument yang efektif untuk mendidik siswa, baik secara fisik, emosional, sosial dan intelektual. Pendidikan jasmani diakui sebuah komponen kunci untuk meraih pendidikan bermutu dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari belajar disepanjang hayat. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah: Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran kayang pada siswa kelas IV SD Negeri Kajar Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2013. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran kayang melalui pendekatan bermain “Rambo” pada siswa kelas IV SD Negeri Kajar di lihat dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sebelum penelitian, hasil pembelajaran kayang pada siswa kelas IV SD Negeri Kajar sebanyak 18 dari 24 anak (66%) tidak lulus KKM dengan nilai rata-rata 6,54. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kayang melalui permainan rambatan tembok pada siswa kelas IV SD Negeri Kajar pada siklus I ketuntasan belajar sebanyak 15 peserta didik atau 62,5% dan nilai rata-rata kelas 7,02. Hasil pada siklus II menunjukkan peningkatan dengan tingkat kelulusan 91,7% dan nilai rata-rata kelas 7,45. Pada pelaksanaan siklus dua, ketuntasan belajar peserta didik dan nilai rata-rata kelas sudah mencapai indikator, sehingga pada penelitian siklus kedua ini dikatakan berhasil dengan kata lain penelitian ini sudah selesai pada siklus kedua. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kayang melalui permainan rambatan tembok dapat meningkatkan hasil belajar kayang pada siswa kelas IV SD Negeri Kajar Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2013. Hasil penelitian ini dapat diterapkan sebagai salah satu pembelajaran alternatif yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Guru penjasorkes hendaknya lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran dan memanfaatkan sesuatu atau sumber yang ada di sekelilingnya agar bisa memberikan proses belajar mengajar yang menyenangkan bagi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kayang, Bermain “Rambo”
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:41
Last Modified: 07 May 2014 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19494

Actions (login required)

View Item View Item