UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SENAM IRAMA MELALUI METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 PADURAKSA KEC. PEMALANG KAB. PEMALANG TAHUN AJARAN 2012/ 2013


MUSTIKA ALAMSYAH, 6101911130 (2013) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SENAM IRAMA MELALUI METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 PADURAKSA KEC. PEMALANG KAB. PEMALANG TAHUN AJARAN 2012/ 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SENAM IRAMA MELALUI METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 PADURAKSA KEC. PEMALANG KAB. PEMALANG TAHUN AJARAN 2012/ 2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SENAM IRAMA MELALUI METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 PADURAKSA KEC. PEMALANG KAB. PEMALANG TAHUN AJARAN 2012/ 2013)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada SD Negeri 02 Paduraksa Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang, khususnya senam irama telah diajarkan kurang baik. Karena pada umumnya sebagian kecil para siswa kurang menguasai teknik keserasian gerakan dengan benar dan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kemampuan senam irama. Hal ini disebabkan 1) tidak semua anak tertarik dengan senam irama, terutama anak putra yang cenderung senang pada permainan sepakbola; 2) penerapan metode yang belum tepat akibatnya anak belum bisa melakukan gerakan senam irama yang menyesuaikan musik dan hitungan, karena gerakannya terlalu cepat daripada tahap latihan menggunakan hitungan tanpa musik gerakannya lebih lambat; 3) pengembangan materi yang belum maksimal. Dampak itu tentunya akan mempengaruhi hasil belajar peserta didik yang semestinya dapat ditingkatkan secara optimal. Kondisi tersebut dapat dilihat belum tercapainya KKM secara klasikal, dari 30 siswa kelas V hanya 21 anak sudah tuntas atau sebesar 70%. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana bentuk formasi berhadapan dengan hitungan bertahap 1 sampai 4 atau 1 sampai 8 yang gerakannya di ulang-ulang dapat meningkatkan hasil belajar senam irama pada siswa kelas V SD Negeri 02 Paduraksa Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun ajaran 2012/ 2013?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya bentuk formasi berhadapan dengan hitungan bertahap 1 sampai 4 atau 1 sampai 8 yang gerakannya di ulang-ulang untuk meningkatkan hasil belajar senam irama pada siswa kelas V SD Negeri 02 Paduraksa Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini menggunakan PTK. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Paduraksa Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang.Sebanyak 30 siswa terdiri 11 siswa putri dan 19 putra. Guru pendidikan jasmani dan mitra peneliti dalam hal ini berperan sebagai observer atau pengamat selama pembelajaran berlangsung, dan peneliti sendiri melaksanakan pembelajaran atau sebagai guru..Obyek penelitian ini adalah pembelajaran senam irama melalui metode bagian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang belum tuntas pada prasiklus ada 9 siswa atau 30 %, pada siklus I menurun menjadi 6 siswa atau 20 % dan siklus II menurun menjadi 2 siswa atau 6,67%. Prestasi belajar siswa yang sudah tuntas pada prasiklus ada 21 siswa atau 70 %, siklus I meningkat menjadi 24 siswa atau 80 % dan siklus II menjadi 28 siswa atau 93,33%.Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui metode bagian dapat meningkatkan kemampuan senam irama pada siswa kelas V SD Negeri 02 Paduraksa Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang Tahun ajaran 2012/ 2013. Saran dalam penelitian ini bagi guru yang mengalami kesulitan dalam peningkatan senam irama, PTK ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Senam Irama, Metode Bagian
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:41
Last Modified: 07 May 2014 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19493

Actions (login required)

View Item View Item