MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN VOLSAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI CABLIKAN KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013


KUSWANTONO, 6101911124 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN VOLSAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI CABLIKAN KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN VOLSAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI CABLIKAN KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN VOLSAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI CABLIKAN KECAMATAN REBAN KABUPATEN BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil belajar passing atas bola voli di SD Negeri Cablikan Kabupaten Batang ditemukan masalah dalam pembelajaran passing atas bola voli di kelas V. Hasil belajar siswa rendah dengan ketuntasan klasikal 25%. Untuk meningkatkan hasil belajar passing atas di kelas V tersebut dengan menerapkan pembelajaran melalui permainan volsal. Permainan volsal dirancang untuk memaksimalkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran passin gatas. Permainan volsal merupakan sebuah alternative pendekatan pembelajaran menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran passing atas melalui permainan volsal di kelas V SD Negeri Cablikan Kabupaten Batang. Peneliti merencanakan penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Cablikan Kecamatan Reban Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, metode dokumentasi, danangket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui permainan volsal, hasil belajar siswa siklus I menunjukkan bahwa 50% atau 10 siswa mencapai ketuntasan belajar dan 50% atau 10 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar, dan hasil belajar siswa siklus II menunjukkan bahwa 90% atau 18 siswa mencapai ketuntasan belajar dan 10% atau 2 siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar. Karena persentase ketuntasan klasika lhasil belajar siswa melampaui 80%, penelitian tindakan kelas ini telah mencapai indicator keberhasilan. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui permainan volsal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Cablikan Kecamatan Reban Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran peneliti meliputi beberapa hal, yaitu: (1) permainan volsal dapat menjadi alternatif bagi guru penjasorkes untuk diterapkan pada materi passing atas, (2) guru hendaknya mengkondisikan siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan efektif, dan tidak terlalu lama bermain sehingga menyita waktu pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:43
Last Modified: 07 May 2014 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19491

Actions (login required)

View Item View Item