PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BEREGU PADA SISWA KELAS III SDNPURBO 03 KABUPATEN BATANG TAHUN 2012/ 2013


SURIPNO, 6101911115 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BEREGU PADA SISWA KELAS III SDNPURBO 03 KABUPATEN BATANG TAHUN 2012/ 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BEREGU PADA SISWA KELAS III SDNPURBO 03 KABUPATEN BATANG TAHUN 2012/ 2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR TANGKAP MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN BEREGU PADA SISWA KELAS III SDNPURBO 03 KABUPATEN BATANG TAHUN 2012/ 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar lempar tangkap siswa dikarenakan kurangnya modifikasi dalam pembelajaran, untuk itu perlu adanya suatu tindakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah pembelajaran lempar tangkapmelalui modifikasi permainan beregu dapat optimal bagi siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Purbo 03 Kecamatan Bawang Kabupaten Batang tahun pelajaran 2012/2013 ? “.Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui hasil proses Pembelajaran permainan lempar tangkap melalui modifikasi permaian beregu pada Siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Purbo 03 Kecamatan bawang Kabupaten Batang Tahun Pelajaran 2012/2013.. Sobyek pada penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Purbo 03 Semester II Tahun 2012/2013. Langkah-langkah yang ditempuh dalam penelitian ini diawali dengan rnelaksanakan pra Siklus kemudian disusun langkah-langkah sesuai dengan identifikasi masalah yang digunakan. Tindakan diprogramkan dalam dua siklus: 1) SikIus I, Pembelajaran lempar tangkap yang dimulai dengan belajar lemparan samping, lemparan lambung, lemparan dengan kedua tangan serta tangkapan, 2) Siklus II, Pembelajaran lempar tangkap yang dimulai dengan belajar lemparan samping, lemparan lambung, lemparan dengan kedua tangan,serta tangkapan di lanjutkan dengan permainan beregu yang lebih di tekankan dengan strategi pembelajaran menggunakan modifikasi permainan beregu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik tes dan observasi, data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif prosentase. Hasil dari penelitian ini yaitu: berdasarkan pada data hasil penelitian dari pra siklus, siklus I dan siklus II menggunakan Penilaian Acuan Patokan atau KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu nilai 70 sebagai acuan tuntas dalam pembelajaran. Dari hasil pra siklus dengan jumlah siswa 14, yang terdiri dari 8 siswa putera dan 6 siswa puteri nilai rata-rata adalah 60 atau 28% yang tuntas belajarnya, pada pelaksanaan tindakan siklus Imenjadi 73 rata-rata nilai atau 64 % dari 14 siswa tuntas belajarnya, dan meningkat lagi rata-rata nilainya menjadi 84 atau 86 % peningkatan hasil belajar dari pra siklus siklus 1 siklus II.Sebagai bukti bahwa penggunaan modifikasi permainan beregu juga dapat membantu meningkatkankualitas dari proses pembelajaran. . Meningkatnya kualitas proses pembelajaran secara logis akan mendorong meningkatnya prestasi belajar, yang dalam konteks ini adalah meningkatnya kemampuan siswa dalam melakukan lemparan samping, lemparan lambung, lemparan dengan kedua tangan dan tangkapan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, lempar tangkap, modifikasi permainan beregu.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:42
Last Modified: 07 May 2014 11:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19489

Actions (login required)

View Item View Item