PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI MEDIA BERMAIN SIRKUIT BAGI SISWA KELAS V SDN SENGON 05 KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN 2013


SITI ASMAWATI, 6101911114 (2013) PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI MEDIA BERMAIN SIRKUIT BAGI SISWA KELAS V SDN SENGON 05 KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI MEDIA BERMAIN SIRKUIT BAGI SISWA KELAS V SDN SENGON 05 KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN 2013]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MELALUI MEDIA BERMAIN SIRKUIT BAGI SISWA KELAS V SDN SENGON 05 KECAMATAN TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN 2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui media bermain sirkuit bagi siswa kelas V SDN Sengon 05 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun 2013?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil proses pembelajaran lompat jauh melalui media bermain sirkuit bagi siswa kelas V SDN Sengon 05 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes Tahun 2013 dilihat dari aspek kognitif, afektif, psikomotor. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas: 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) pengamatan; 4) refleksi; dan 5) revisi. Penelitian yang dilakukan mencakup 3 ranah yaitu ranah psikomotorik, ranah afektif dan ranah kognitif. Selain itu dilakukan pengamatan terhadap pengelolaan pembelajaran, aktifitas guru dan siswa untuk mengetahui sejauh mana ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar lompat jauh dengan menggunakan media bermain sirkuit di kelas V SDN Sengon 05 Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes berdampak positif hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar yang mengalami peningkatan yaitu pada aspek psikomotor pada siklus I 65%, siklus II mencapai 100%. Hasil penelitian afektif selama siklus I sebanyak 60% dan siklus II mencapai 85%. Sedangkan nilai kognitif pada siswa mengalami peningkatan dari siklus I 75% dan siklus II sebanyak 100%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan media bermain sirkuit berhasil. Harapan peneliti kepada guru penjasorkes untuk selalu kreatif, inovatif dalam penyampaian materi. Dan saran bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar diharapkan untuk dapat mengembangkan model-model pembelajaran lompat jauh yang lebih menarik pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di sekolah

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: lompat jauh, atletik, bermain sirkuit.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:42
Last Modified: 07 May 2014 11:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19488

Actions (login required)

View Item View Item