UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR MELALUI PERMAINAN SASARAN PETAK BERANGKA PADASISWA KELAS IV SD NEGERI KAMBANGAN 03 TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Praja Ari Winahyu, 6101911111 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR MELALUI PERMAINAN SASARAN PETAK BERANGKA PADASISWA KELAS IV SD NEGERI KAMBANGAN 03 TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR MELALUI PERMAINAN SASARAN PETAK BERANGKA PADASISWA KELAS IV SD NEGERI KAMBANGAN 03 TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR MELALUI PERMAINAN SASARAN PETAK BERANGKA PADASISWA KELAS IV SD NEGERI KAMBANGAN 03 TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dengan melihat masalah pada cabang atletik nomor lempar yang cenderung monoton dan menyebabkan siswa cepat bosan dalam mengikuti pelajaran, maka peneliti bermaksud untuk meningkatkan hasil belajar lempar siswa kelas IV SD Negeri Kambangan 03 Kec. Blado Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui permainan sasaran petak berangka dengan media bola tenis, cone, petak-petak berangka, bendera mini serta tali rafia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kambangan 03 Kec. Blado tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa sebanyak 21 siswa (14 siswa putra dan 7 siswa putri). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tes kemampuan, pemahaman dan penelitian hasil belajar. Teknik tes kemampuan dilaksanakan untuk mendapatkan nilai unjuk kerja yang ditunjukkan siswa pada siklus I, siklus II dengan pengamatan terhadap sitematis dalam melakukan rangkaian gerakan lempar dengan memodifikasi permainan. Nilai hasil belajar siswa dirata-rata untuk ditemukan keberhasilan klasikal sesuai dengan target yang telah ditetapkan. kemudian dibuat deskripsi keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dengan ditandai semakin meningkatnya ketrampilan siswa melakukan lempar tanpa adanya perasaan bosan atau jemu. Ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 81%, pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 95%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas yanng dilaksanakan penulis pada siswa kelas IV SD Negeri Kambangan 03 Kec.Blado dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan permainan sasaran petak berangka dapat meningkatkan hasil belajar lempar bagi siswa kelas IV SD Negeri Kambangan 03 Kec.Blado tahun pelajaran 2012/2013. Sehubungann dengan keterangan di atas, peneliti menyarankan hendaknya dalam kegiatan pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olah Raga, guru lebih sering menerapkan pendekatan permainan dan selalu melakukan inovasi sehingga dapat merangsang siswa untuk menyukai materi yang diajarkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Lempar, Permainan Sasaran Petak Berangka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:42
Last Modified: 07 May 2014 11:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19487

Actions (login required)

View Item View Item