UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU DENGAN MEDIA TOLAK SASARAN BOLA BEREKOR PADA KELAS V SD NEGERI MUNCANGLARANG 02 KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013


DARYO, 6101911107 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU DENGAN MEDIA TOLAK SASARAN BOLA BEREKOR PADA KELAS V SD NEGERI MUNCANGLARANG 02 KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU DENGAN MEDIA TOLAK SASARAN BOLA BEREKOR PADA KELAS V SD NEGERI MUNCANGLARANG 02 KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU DENGAN MEDIA TOLAK SASARAN BOLA BEREKOR PADA KELAS V SD NEGERI MUNCANGLARANG 02 KECAMATAN BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran tolak peluru. Rumusan masalah. “ Bagaimana model pendekatan bermain tolak sasaran bola berekor untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas V SDN Muncanglarang 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tolak peluru pada siswa kelas V SDN Muncanglarang 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal melalui pendekatan bermain tolak sasaran bola berekor. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SDN Muncanglarang 02 Kecamatan Bunijawa Kabupaten Tegal, dengan subyek penelitian kelas V dengan jumlah 30 siswa, 17 anak putra dan 13 anak putri. Obyek penelitian adalah olahraga cabang atletik yaitu tolak peluru. Instrument penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi motivasi belajar siswa, angket respon siswa dan tes praktek. Penelitian dikatakan berhasil jika siswa mencapai ketuntasan dan hasil belajar sebesar 75. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran tolak peluru dengan pendekatan bermain tolak sasaran bola berekor pada siswa kelas V SDN Muncanglarang 02 Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. Hasil belajar siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dari pembelajaran sebelum siklus ke siklus 1 dan siklus II. Pada pembelajaran sebelum siklus rata-rata nilai 71,0 atau 56,67 % tuntas meningkat pada siklus 1 rata-rata nilai yaitu sebesar 78,0 atau 73,33 % tuntas, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,9 atau 100 % siswa tuntas. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran tolak peluru menggunakan media tolak sasaran bola berekor dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas V SD Negeri Muncanglarang 02. Dari simpulan diatas maka saya menyarankan: 1). guru dapat melakukan penelitian tindakan kelas dan menggunakan model pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar. 2). Dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan khususnya tolak peluru, sebaiknya guru lebih kreatif dalam memilih media pembelajaran sehingga anak tidak bosan ataupun takut untuk mengikuti pembelajaran . 3). Guru harus pandai memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, sehingga efektifitas kegiatan pembelajaran dapat tercapai, berjalan dengan aman dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, lempar sasaran, tolak peluru, bola berekor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:43
Last Modified: 07 May 2014 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19485

Actions (login required)

View Item View Item