PENERAPAN PERMAINAN “BALLIRET”UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LONCAT PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI BUGEL 02 KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2012-2013


NUR AZIZA HIDAYATI, 6101911100 (2013) PENERAPAN PERMAINAN “BALLIRET”UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LONCAT PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI BUGEL 02 KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PERMAINAN “BALLIRET”UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LONCAT PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI BUGEL 02 KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2012-2013]
Preview
PDF (PENERAPAN PERMAINAN “BALLIRET”UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LONCAT PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI BUGEL 02 KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2012-2013) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan skripsi ini adalah masih banyaknya siswa yang hasil belajarnya rendah. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan permainan balliret dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar loncat pada siswa kelas IV semester II SDN Bugel 02 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2012/2013? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan permainan balliret dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester II SDN Bugel 02 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri, berlangsung dalam dua siklus yang melibatkan seluruh siswa kelas IV SDN Bugel 02 yang berjumlah 14 siswa, terdiri dari 7 siswa putra dan 7 siswa putri. Tehnik analisa data menggunakan metode deskriptif prosentase, sedangkan tehnik pengambilan data dengan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran gerak dasar loncat melalui pendekatan permainan balliret untuk siswa kelas IV semester II SDN Bugel 02 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2012-2013 menunjukkan keberhasilan. Target ketuntasan pembelajaran gerak dasar loncat dalam penelitian ini adalah 85%. Pada siklus I diperoleh data bahwa prosentase aspek kognitif sebesar 73,8%, aspek afektif sebesar 87,14%, dan aspek psikomotor sebesar 68,28%. Sehingga secara keseluruhan penyerapan materi pada siklus I mencapai 74% dengan rata-rata 73,8. Dapat dinyatakan bahwa pada siklus I pembelajaran belum berhasil. Sedangkan pada siklus II prosentase ketuntasan siswa pada aspek kognitif mencapai 83,33%, aspek afektif mencapai 100%, dan aspek psikomotor mencapai 77,14%. Bisa dikatakan prosentase ketuntasan belajar siklus II mencapai 85% dengan rata-rata 85. Ini dapat dikatakan bahwa ada peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 11,20%, yaitu dari 73,8% menjadi 85%. Dengan demikian pembelajaran dikatakan sudah berhasil. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pendekatan permainan balliret efektif meningkatkan hasil belajar gerak dasar loncat pada siswa kelas IV semester II SDN Bugel 02 Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2012/2013. Dan diharapkan bagi kepala sekolah dan guru agar selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menerapkan berbagai metode pembelajaran dalam proses KBM yang disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran dan karakteristik siswa, serta diharapkan proses KBM tidak hanya disampaikan secara monoton tanpa adanya interaksi timbal balik antara siswa dan guru. Diharapkan agar guru lebih kreatif lagi dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelasnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Loncat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:47
Last Modified: 07 May 2014 11:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19484

Actions (login required)

View Item View Item