MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN GAWANG TONG PADA SISWA KELAS V MSI 09 BENDAN KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013


SYARIF HIDAYATULLAH, 6101911096 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN GAWANG TONG PADA SISWA KELAS V MSI 09 BENDAN KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN GAWANG TONG PADA SISWA KELAS V MSI 09 BENDAN KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN GAWANG TONG PADA SISWA KELAS V MSI 09 BENDAN KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang tepat serta sarana yang kurang memadai dalam proses pembelajaran sepak bola dan kurangnya penguasaan ketrampilan tehnik, dasar permainan sepak bola, sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar sepak bola melalui permainan gawang tong pada siswa kelas V MSI 09 Kota Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sepak bola melalui permainan gawang tong dan untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil tes unjuk kerja, sikap siswa serta perilaku siswa yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MSI 09 Bendan Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan pada semester dua tahun pelajaran 2012/2013. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 11 siswa. Pertemuan dalam penelitian ini dirancang dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa saat pelaksanaan tes. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui permainan gawang tong dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran sepak bola. Hasil data yang diperoleh dari pembelajaran sepak bola melalui permainan gawang tong pada siswa kelas V MSI 09 Bendan Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan yaitu dari hasil pada siklus I diketahui prosentase ketuntasan belajar sebesar 73 % dengan jumlah siswa 4, mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 77 %, dengan jumlah ketuntasan 7 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui pendekatan permainan sepak bola dengan gawang tong dapat meningkatkan kemampuan sepak bola pada siswa kelas V MSI 09 Bendan Kota Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013. Saran penelitian ini ditujukan kepada para guru Penjasorkes yang mengalami kesulitan dalam peningkatan hasil belajar sepak bola, PTK ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sepak Bola Gawang Tong.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:47
Last Modified: 07 May 2014 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19483

Actions (login required)

View Item View Item