PENINGKATAN PERMAINAN SEPAK TAKRAW MELALUI PERMAINAN RANGKAIAN 3 POS PADA KELAS V SD NEGERI TARUB 01 KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013


NASIKHIN, 6101911094 (2013) PENINGKATAN PERMAINAN SEPAK TAKRAW MELALUI PERMAINAN RANGKAIAN 3 POS PADA KELAS V SD NEGERI TARUB 01 KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PERMAINAN SEPAK TAKRAW MELALUI PERMAINAN RANGKAIAN 3 POS PADA KELAS V SD NEGERI TARUB 01 KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN PERMAINAN SEPAK TAKRAW MELALUI PERMAINAN RANGKAIAN 3 POS PADA KELAS V SD NEGERI TARUB 01 KECAMATAN TARUB KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Siswa SD Negeri Tarub 01 Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal mengalami kesulitan dalam melakukan teknik-teknik dasar dalam permainan sepak takraw dan guru juga mengalami kesulitan dalam penekanan penyempurnaan atau peningkatan proses pembelajaran untuk meningkatkakn kualitas permainan sepak takraw. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi empiris mengenai "Peningkatan pemainan sepak takraw melalui permainan rangkaian 3 pos Pada Siswa SDN TARUB 01 Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal." Penelitian ini terdiri atas empat tahap, yaitu planning (perencanaan), action (tindakan), observasi (pengamatan) dan reflection (refleksi). Metode Pengumpulan Data dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan data kualitatif yaitu data yang berupa informasi berbentuk kalimat yang memberikan gambaran tentang tingkat pemahaman siswa terhadap suatu mata pelajaran (kognitif), pandangan atau sikap siswa terhadap metode belajar yang baru ketika mengkuti pelajaran (afektif), perhatian, antusias dalam belajar, kepercayaan diri, motifasi belajar dan sejenisnya, dapat dinilai secara kualitatif. Teknik Analisis Data Untuk mengetahui keefektifan suatu metode dalam kegiatan pembelajaran perlu diadakan analisa data. Berdasarkan hasil penelitian dan permasalah dalam penelitian ini, bahwa penerapan inovasi media pembelajaran (bola gantung dan mistar) dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dapat meningkatkan prestasi sepak takraw melalui rangkaian 3 pos siswa kelas V SD Negeri 01 Tarub Kabupaten Tarub. Sebelumnya pada pertemuan pertama siklus I, terdapat hambatan diantaranya dari faktor guru, siswa maupun sekolah. Hambatan yang terjadi pada guru adalah 1) masalah kompetensi dasar yang harus dicapai, hal ini merupakan masalah yang harus dipecahkan peneliti sedapat mungkin menerapkan strategi pembelajaran agar kompetensi dasar yang diajarkan dapat tercapai atau dikuasai oleh siswa. 2) metode yang digunakan, setelah melakukan diskusi bersama dengan kolaborator dan guru pamong, memberikan keputasan bahwa peneliti harus menerapkan metode pembelajaran yang sesuai sehingga prestasi belajar sepak takraw dapat ditingkatkan. 3) prosedur penilaian, berdasarkan kajian yang dilakukan peneliti mengenai sistem penilaian penjaskes harus memenuhi tiga aspek (ranah) maka keputusan yang diambil adalah menggunakan proporsi prosentase penilaian terhadap tiga aspek dimana aspek kognitif 30%, psikomotor 50% dan aspek afektif 20%. Penerapan inovasi media pembelajaran sepak takraw melalui rangkaian 3 pos dan bola gantung terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar sepak takraw siswa SD Negeri 01 Tarub, Kecamatan tarub, Kabupaten tegal. Hal tersebut dibuktikan dengan ketuntasan belajar dari ketiga aspek penilaian (kognitif, psikomotor,dan afektif) mengalami peningkatan sebesar 19,35.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Sepak Takraw Melalui Permainan Rangkaian 3 Pos
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:43
Last Modified: 07 May 2014 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19482

Actions (login required)

View Item View Item