PEMANFAATAN KAIN PERCA SEBAGAI MEDIA BERKARYA SENI LUKIS DENGAN TEKNIK KOLASE BAGI SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 5 BLORA


Zita Kiky Swariga, 2401408022 (2013) PEMANFAATAN KAIN PERCA SEBAGAI MEDIA BERKARYA SENI LUKIS DENGAN TEKNIK KOLASE BAGI SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 5 BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN KAIN PERCA SEBAGAI MEDIA BERKARYA SENI LUKIS DENGAN TEKNIK KOLASE BAGI SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 5 BLORA]
Preview
PDF (PEMANFAATAN KAIN PERCA SEBAGAI MEDIA BERKARYA SENI LUKIS DENGAN TEKNIK KOLASE BAGI SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 5 BLORA)
Download (14MB) | Preview

Abstract

Dalam berkarya seni lukis dengan teknik kolase dapat dikembangkan dengan berbagai bahan. Salah satu upaya pengembangannya yakni dengan memanfaatkan barang limbah yang diterapkan di sekolah. SMP Negeri 5 Blora merupakan salah satu sekolah yang lingkungan sekitarnya mempunyai limbah organik dan anorganik yang mudah didapatkan. Berdasarkan pengamatan di SMP Negeri 5 Blora, pembelajaran seni rupa tidak hanya terbatas pada penggunaan media cat air, namun guru juga mengenalkan media seni rupa yang lain kepada siswa. Salah satu upaya pemilihan media berkarya seni rupa dapat dilakukan melalui pengembangan dari pembelajaran seni lukis cat air yang dipadukan teknik kolase dengan memanfaatkan barang limbah kain perca sebagai bahan berkarya seni lukis Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan kain perca sebagai media melukis dengan teknik kolase, (2)Bagaimana hasil karya siswa dengan memanfaatkan kain perca sebagai media berkarya seni lukis dengan teknik kolase, (3)Apakah kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran seni rupa dalam memanfaatkan kain perca sebagai media melukis dengan teknik kolase. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsi permasalahan tersebut. Manfaat penelitian ini: dapat dijadikan acuan dalam pembelajaran berkarya kolase dengan memanfaatkan barang limbah kain perca dan dapat digunakan sebagai bahan informasi mengenai pemanfaatan barang limbah. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian hasil karya lukis siswa dengan pemanfaatan kain perca dengan teknik kolase, subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pemanfaatan kain perca sebagai media berkarya seni lukis dengan teknik kolase pada kelas VIII D di SMP Negeri 5 Blora pada pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat oleh guru. Pelaksanaan pembelajaran menghasilkan berbagai karya lukis dengan teknik kolase yang menarik dan menunjukkan hasil yang cukup. Hasil evaluasi pembelajaran pada pelaksanaan pembelajaran diperoleh nilai rata-rata dari dari 33 siswa mencapai 75,15 tergolong dalam kategori cukup. Hasil karya siswa dapat dikategorikan baik, cukup baik, dan kurang. Hal tersebut dapat dilihat dari 8 siswa memperoleh nilai baik, 21 siswa memperoleh nilai cukup, dan 4 siswa memperoleh nilai kurang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Seni Lukis, Kain Perca, Kolase
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:47
Last Modified: 07 May 2014 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19480

Actions (login required)

View Item View Item