MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK TAKRAW MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN JALA HIP HOP SISWA KELAS V SD NEGERI KEPUTRAN 01 KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013


ISKA YULIYANTI, 6101911091 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK TAKRAW MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN JALA HIP HOP SISWA KELAS V SD NEGERI KEPUTRAN 01 KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK TAKRAW MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN JALA HIP HOP SISWA KELAS V SD NEGERI KEPUTRAN 01 KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK TAKRAW MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN JALA HIP HOP SISWA KELAS V SD NEGERI KEPUTRAN 01 KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah masih banyaknya siswa yang kurang tertarik sehingga kurang bersungguh-sungguh dalam kegiatan pembelajaran sepak takraw, hal tersebut menyebabkan hasil belajar yang tidak maksimal dalam bermain sepak takraw. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar sepak takraw siswa kelas V SD Negeri Keputran 01 Kota Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013.Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sepak takraw melalui pendekatan permainan jala hip hop pada siswa kelas V SD Negeri Keputran 01 Kota Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian melalui metode permainan jala hip hop sedangkan subjeknya adalah siswa kelas V SD Negeri Keputran 01 Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan. Pertemuan dalam penelitian ini dirancang dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I dan siklus II, baik dari peningkatan nilai rata-rata pembelajaran sepak takraw jala hip hop maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Nilai rata-rata kondisi awal 59,79%, rata-rata siklus I 75,14% dan rata-rata siklusII 87,29%, sehingga peningkatan dari kondisi awal ke siklus II sebesar 27,50%. Peningkatan kemampuan sepak pada pembelajaran sepak takraw jala hip hop dapat dilihat dari nilai KKM (75,00) atau tuntas sebesar 57,14% setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 8 dari 14 siswa dan pada siklus II semua siswa tuntas dinyatakan tuntas keseluruhan sebesar 100%. Kesimpulan peneliti ini adalah melalui pendekatan permainan jala hip hop dapat meningkatkan hasil belajar sepak takraw pada siswa kelas V SD Negeri Keputran 01 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran penelitian ini untuk guru-guru penjas diharapkan dapat mengembangkan model-model permainan keterampilan gerak yang lebih menarik untuk digunakan dalam pembelajaran modifikasi permainan di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bermain, Sepak, takraw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:47
Last Modified: 07 May 2014 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19475

Actions (login required)

View Item View Item