UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DI LINGKUNGAN PANTAI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WARUREJA KEBUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013


ISKANDAR, 610I911088 (2013) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DI LINGKUNGAN PANTAI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WARUREJA KEBUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DI LINGKUNGAN PANTAI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WARUREJA KEBUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI MENGGUNAKAN METODE BERMAIN DI LINGKUNGAN PANTAI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WARUREJA KEBUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Siswa dalam melakukan aktivitas belajar memerlukan dorongan tertentu agar siswa tersebut memiliki ketertarikan dan keaktifan ketika belajar penjasorkes. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan pembelajaran dengan metode barmain di lingkungan pantai. Metode pembelajaran ini bermanfaat bagi siswa dalam meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa, dan siswa secara penuh terlibat aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dalam pembelajaran penjasorkes pokok bahasan lompat tinggi peneliti menerapkan metode bermain di lingkungan pantai. Tujuan dari penerapan model metode bermain di lingkungan pantai adalah siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan mendorong siswa agar lebih kreatif, menumbuhkan kepercayaan diri dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 37 siswa. Peneliti bertindak sebagai observer. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan angket. Untuk analisis data kualitatif digunakan lembar observasi aktivitas siswa dan angket digunakan untuk mengetahui respon siswa, sedangkan untuk data kuantitatif menggunakan tes, guna mengetahui hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini terdapat 2 siklus dengan materi pokok bahasan yang sama, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil belajar siswa menunjukan peningkatan yang cukup baik dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa tiap siklus. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 7,80 dan siklus II sebesar 8. Hal ini diperkuat lagi dengan obeservasi siswa yang mengalami peningkatan keaktifan siswa secara signifikans dan respon siswa terhadap penerapan metode bermain di lingkungan pantai dengan presentasi siklus 1 64,86% dan siklus 2 92,43% Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang baik, hasil observasi siswa mengalami peningkatan keaktifan siswa yang mendukung proses pembelajaran dan respon siswa terhadap metode bermain di lingkungan pantai sangat baik. Bagi siswa hendaknya bekerja sama dalam belajar supaya ada peningkatan hasil belajar siswa yang lebih signifikans dan guru selalu mencari inovasi pembelajaran yang lebih efektif lagi sehingga proses pembelajaran tidak monoton.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Lompat Tinggi, Di Lingkungan Pantai
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:47
Last Modified: 07 May 2014 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19473

Actions (login required)

View Item View Item