UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN LEMPAR TANGKAP BOLA KECIL DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL BOI SISWA KELAS V SDN PUCANGREJO KECAMATAN PEGANDON KAB KENDAL TAHUN 2012 / 2013

ANIK ALIYANTI, 6101911081 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN LEMPAR TANGKAP BOLA KECIL DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL BOI SISWA KELAS V SDN PUCANGREJO KECAMATAN PEGANDON KAB KENDAL TAHUN 2012 / 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN LEMPAR TANGKAP BOLA KECIL DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL BOI SISWA KELAS V SDN PUCANGREJO KECAMATAN PEGANDON KAB KENDAL TAHUN 2012 / 2013)
Download (3024Kb)

    Abstract

    Pendidikan jasmani dan kesehatan merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap mental emosional, sportifitas, spiritualitas, sosial), serta pembiasaan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan kualitas fisik dan psikis yang seimbang. Pendidikan Jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan total secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pucangrejo yang berjumlah 22 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, angket, dan tes hasil belajar lempar tangkap bola kecil Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk siklus I pencapaian kognitif 54 %, Psikomotor 45 %, afektif 49 % dengan ketuntasan 26 % sedangkan pada siklus II pencapaian kognitif 81%, Psikomotor 67 %, afektif 77 % dengan ketuntasan 76 % hasil yang diperoleh menunjukan bahwa pendekatan bermain dapat diterima lebih mudah oleh siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode bermain dapat berpengaruh positif terhadap perkembangan peserta didik dalam menguasai tehnik lempar tangkap dan memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, serta dapat menambah wawasan bagi guru dalam mengembangkan macam–macam model pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Lempar Tankap Bola Kecil, Modifikasi, Permainan Tradisional Boi.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: suparma perpus unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 07:44
    Last Modified: 07 May 2014 07:44

    Actions (login required)

    View Item