UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN PERMAINAN SEPAKBOLA MINI PADA SISWA KELAS V SDN GAJI 1 KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2012 / 2013


Teguh Raharjo, 6101911080 (2013) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN PERMAINAN SEPAKBOLA MINI PADA SISWA KELAS V SDN GAJI 1 KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2012 / 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN PERMAINAN SEPAKBOLA MINI PADA SISWA KELAS V SDN GAJI 1 KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2012 / 2013]
Preview
PDF (UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN SEPAKBOLA MENGGUNAKAN PERMAINAN SEPAKBOLA MINI PADA SISWA KELAS V SDN GAJI 1 KECAMATAN GUNTUR KABUPATEN DEMAK TAHUN 2012 / 2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran sepakbola dengan menggunakan permainan sepakbola mini pada siswa kelas V SDN Gaji 1 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan permainan sepakbola mini dapat meningkatkan hasil pembelajaran sepakbola pada siswa kelas V SDN Gaji 1 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak Tahun 2012/2013? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran sepakbola menggunakan permainan sepakbola mini pada siswa kelas V SDN Gaji 1 kecamatan Guntur Kabupaten Demak Tahun 2012/2013. Populasi yang diambil adalah siswa kelas V SDN Gaji 1 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak yang berjumlah 28 siswa. Dalam penelitian yang menjadi variabel adalah sepakbola dan permainan sepakbola mini. Untuk memperoleh data yang sesuai maka dalam penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Untuk PTK berbentuk proses pengkajian berdaur, yang menggunakan dua siklus dan terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, observasi dan reflektif. Instrument penelitian ini menggunakan check list untuk mencatat sikap dan kejadian yang terjadi dalam pembelajaran yang dipandang penting dan telah di tetapkan akan diselidiki. Dari hasil pengamatan yang diperoleh dengan bantuan check list dapat diperoleh hasil bahwa prosentase kemampuan aspek psikomotor, kognitif, dan afektif dari siswa kelas V SDN Gaji 1 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak setelah diberikan pembelajaran terjadi peningkatan, pada siklus I dan siklus II prosentase mengalami peningkatan dari 73,9 % menjadi 86,4 %. Begitu juga dengan prosentase ketuntasan pada siklus I hanya mencapai 57,1 % dari jumlah siswa yang ada. Dan pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 92,9 %. Dengan demikian tindakan pembelajaran sepakbola dengan menerapkan permainan sepakbola mini pada siswa kelas V SDN Gaji 1 Kecamatan Guntur Kabupaten Demak dapat dikatakan berhasil. Dan diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk dapat menerapkan permainan sepakbola mini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sepakbola, Permainan Sepakbola Mini, Sekolah Dasar, Kelas V
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:47
Last Modified: 07 May 2014 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19471

Actions (login required)

View Item View Item