PEMBELAJARAN DRIBBLE DAN PASSING DALAM BOLA BASKET MELALUI MEDIA BERMAIN BOLA PANTUL GAWANG MINI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PENGARASAN 02 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013


WIDIASTUTI FAUZIAH, 6101911079 (2013) PEMBELAJARAN DRIBBLE DAN PASSING DALAM BOLA BASKET MELALUI MEDIA BERMAIN BOLA PANTUL GAWANG MINI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PENGARASAN 02 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN DRIBBLE DAN PASSING DALAM BOLA BASKET MELALUI MEDIA BERMAIN BOLA PANTUL GAWANG MINI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PENGARASAN 02 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN DRIBBLE DAN PASSING DALAM BOLA BASKET MELALUI MEDIA BERMAIN BOLA PANTUL GAWANG MINI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI PENGARASAN 02 KECAMATAN DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemasalahan dalam penelitian ini apakah media bermain bola pantul gawang mini dapat meningkatkan hasil belajar dribble dan passing dalam bola basket bagi bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pengarasan 02 Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Tahun 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Pengarasan 02 Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal, dengan subyek penelitian kelas V dengan jumlah 21 siswa, dengan waktu pelaksanaan untuk Siklus I tanggal 17 Mei 2013 dan Siklus II pada tanggal 24 Mei 2013. Instrument dibagi menjadi dua, instrument pembelajaran dan instrument evaluasi. Instrument pemebelajaran terdiri dari Silabus, RPP, lembar observasi. Untuk instrument evaluasi terdiri dari aspek psikomotor, aspek afektif dan aspek kognitif. Penelitian dikatakan berhasil jika siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dribble dan passing dalam Bola Basket melalui media bermain bola pantul gawang mini mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pada Siklus pertama untuk aspek psikomotor sebesar 68,3 % dan pada siklus kedua menjadi 79,2 %. Dan aspek afektif siklus pertama sebesar 68,6 % dan pada siklus kedua 83,8 %. Sedangkan untuk aspek kognitif siklus pertama sebesar 88,1% dan siklus kedua 92,4 %. Pada siklus pertama untuk aspek psikomotor prosentase siswa Tuntas sebanyak 42,9 %, dan pada siklus kedua 76,2%. Pada aspek Afektif prosentase pada siklus pertama 47,6 % dan siklus kedua 81,0 %. Pada aspek Kognitif pada siklus pertama prosentase yang tuntas 95,2% dan pada siklus kedua 100% Simpulan hasil penelitian maka dapat disarankan bagi guru penjas orkes hasil Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dijadikan informasi ilmiah, dan bila ingin dikembangkan lagi dilakukan dengan memberikan inovasi dan menambah model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, dribble dan passing dan bola pantul gawang mini.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:44
Last Modified: 07 May 2014 11:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19470

Actions (login required)

View Item View Item