UPAYA PEMBELAJARAN SERVICE DAN PASSING BOLAVOLI DENGAN PERMAINAN TIMPAN (TIMANG UMPAN) BOLA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 06 SINANGGUL KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2012 / 2013


Nur khamim, 6101911078 (2013) UPAYA PEMBELAJARAN SERVICE DAN PASSING BOLAVOLI DENGAN PERMAINAN TIMPAN (TIMANG UMPAN) BOLA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 06 SINANGGUL KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA PEMBELAJARAN SERVICE DAN PASSING BOLAVOLI DENGAN PERMAINAN TIMPAN (TIMANG UMPAN) BOLA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 06 SINANGGUL KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2012 / 2013]
Preview
PDF (UPAYA PEMBELAJARAN SERVICE DAN PASSING BOLAVOLI DENGAN PERMAINAN TIMPAN (TIMANG UMPAN) BOLA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 06 SINANGGUL KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA TAHUN AJARAN 2012 / 2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah perlunya meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran bolavoli dengan menggunakan Permainan Timpan (Timang Umpan) Pada Siswa Kelas IV di SD N 06 Sinanggul Kabupaten Jepara Permasalahan ini adalah Bagaimana upaya pembelajaran service dan passing bolavoli dengan permainan timpan (Timang Umpan) Pada Siswa Kelas IV di SD N 06 Sinanggul Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2012/2013? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pembelajaran service dan passing bolavoli dengan permainan timpan (Timang Umpan) Pada Siswa Kelas IV di SD N 06 Sinanggul Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2012/2013. Subyek yang di ambil adalah siswa kelas IV SD N 06 Sinanggul Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara yang berjumlah 19 siswa. Dalam penelitian yang menjadi variabel adalah bolavoli dan modifikasi permainan timang umpan. Untuk memperoleh data yang sesuai maka dalam penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Untuk PTK berbentuk proses pengkajian berdaur, yang menggunakan dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Instrumen penelitian ini menggunakan check list untuk mencatat sikap dan kejadian yang terjadi dalam pembelajaran yang dipandang penting dan telah di tetapkan akan diselidiki. Dari hasil pengamatan yang diperoleh dengan bantuan check list dapat diperoleh hasil bahwa prosentase kemampun aspek psikomotor, kognitif, dan afektif dari siswa kelas IV SD N 06 Sinanggul Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara setelah diberikan pembelajaran terjadi peningkatan, pada siklus I dan siklus II prosentase meningkat dari prosentase aspek psikomotor yaitu 74% menjadi 83% aspek kognitif yaitu dari 70,4% menjadi 88,7% dan aspek afektif yaitu dari 72,3% menjadi 94,6%. Sedangkan dari keseluruhan semua aspek meningkat dari 73,4% menjadi 89,7%. Kesimpulan dari hasil analisis data penelitian mengenai proses pembelajaran bolavoli timpan di SD N 06 Sinanggul Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara dari semua aspek yang di teliti yaitu aspek psikomotor, kognitif, dan afektif semuanya meningkat. Beberapa saran peneliti antara lain untuk pemerintah hendaknya mengembangkan potensi guru penjas kedaerah - daerah agar dapat mengembangkan pembelajaran penjas di daerah – daerah. Dalam memberikan pembelajaran agar mudah dipahami oleh siswa, harus bervariasi, kreatif dalam pembelajaran. Bagi iswa hendaknya harus lebih rajin dalam mengikuti pembelajaran, agar pembelajaran berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Timang Umpan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:47
Last Modified: 07 May 2014 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19469

Actions (login required)

View Item View Item