UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN PASSING PANTUL DALAM BOLA VOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 GUBUGSARI KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN 2013


DANNY WIBOWO, 6101911076 (2013) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN PASSING PANTUL DALAM BOLA VOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 GUBUGSARI KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN PASSING PANTUL DALAM BOLA VOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 GUBUGSARI KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN 2013]
Preview
PDF (UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN PASSING PANTUL DALAM BOLA VOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 GUBUGSARI KECAMATAN PEGANDON KABUPATEN KENDAL TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil dari pengamatan dalam pembelajaran di sekolah dasar ditemukan permasalahan yaitu : Kurang menariknya metode pembelajaran bola voli berdasarkan permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Peningkatan Kemampuan Passing Bawah dengan Modifikasi Passing Pantul bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Gubugsari . Tujuannya yaitu dari hasil penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Passing Bawah dengan Modifikasi Passing Pantul pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Sekolah Dasar Negeri 2 Gubugsari. Subyek seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Gubugsari yang berjumlah 24 siswa dengan siwa perempuan 12 dan siswa laki-laki 12. Obyeknya yaitu Upaya peningkatan Kemampuan Passing Bawah Dengan Modifikasi Passing Pantul dalam Permainan Bola Voli pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Gubugsari. Waktu penelitian di laksanakan dalam siklus 1 dan 2 dengan prosedur penelitian dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Lokasi penelitian dilaksanakan di halaman SD Negeri 2 Gubugsari Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Teknik pengumpulan data berupa pengumpulan informasi, dari informasi tentang ranah kognitif, afektif, psikomotor. Instrumen penelitian menggunakan, RPP, lembar observasi, wawancara siswa dan tes unjuk kerja. Analisis data menggunakan analisis nilai tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan indikasi perbaikan proses pembelajaran berdasarkan lebar penilaian observasi dari ahli dan guru penjasorkes, dan lembar dari penilaian siswa menunjukan hasil yang baik dengan tingkat keberhasilan pada siklus I 79% dan siklus II 96% menunjukan peningkatan pembelajaran yang tinggi. Dengan demikian dapat disarankan pembelajaran penjasorkes melalui passing pantul dapat dipakai sebagai alternatif untuk memperbaiki proses pembelajaran penjasorkes khususnya bola voli. Semoga di masa yang akan datang metode yang diterapkan ini dapat dikembangkan lagi menjadi lebih baik dan menghasilkan pembelajaran yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bola voli, Permainan modifikasi penjasorkes.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:50
Last Modified: 07 May 2014 11:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19467

Actions (login required)

View Item View Item