Upaya Peningkatan Keterampilan Bermain Kasti Melalui Modifikasi Alat dan Peraturan Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Batealit Jepara Tahun Ajaran 2012/2013.


Miftakul Huda, 6101911074 (2013) Upaya Peningkatan Keterampilan Bermain Kasti Melalui Modifikasi Alat dan Peraturan Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Batealit Jepara Tahun Ajaran 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Peningkatan Keterampilan Bermain Kasti Melalui Modifikasi Alat dan Peraturan Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Batealit Jepara Tahun Ajaran 2012/2013.]
Preview
PDF (Upaya Peningkatan Keterampilan Bermain Kasti Melalui Modifikasi Alat dan Peraturan Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Batealit Jepara Tahun Ajaran 2012/2013.)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kurangnya keterampilan dalam bermain kasti pada mata pelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas IV semester II SDN 3 Batealit Jepara Tahun Ajaran 2012/2013 menjadi bukti bahwa perbaikan permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Bagaimanakah upaya meningkatkan keterampilan bermain kasti melalui modifikasi alat dan peraturan pada siswa kelas IV SDN 3 Batealit Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2012/2013?” Metode dalam penelitian ini adalah tindakan kelas dengan prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Batealit dan seorang kolaborator yaitu Puji Riyono, S.Pd guru penjasorkes di SD Negeri 4 Raguklampitan Batealit Kabupaten Jepara. Siswa kelas IV berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Pada penelitian ini menggunakan modifikasi alat dan peraturan. Dari hasil penelitian penerapan pembelajaran bola kasti dengan alat dan peraturan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam permainan bola kasti. Pada siklus I penulis menerapkan modifikasi alat dan peraturan permainan bola kasti, dari 12 siswa ada 8 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan dan 4 siswa belum tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa langkah yang diambil pada siklus I sebagai bagian dari strategi perbaikan pembelajaran yang ditempuh telah menunjukkan ada peningkatan keterampilan dan hasil belajar siswa dalam bermain kasti. Pada Siklus II yang dilakukan dengan memodifikasi alat dan peraturan dalam permainan kasti berhasil meningkatkan keterampilan siswa dalam permainan kasti. Dari 12 siswa ternyata semua siswa mampu mencapai ketuntasan dengan persentase ketuntasan 100%. Namun ada beberapa siswa yang mendapat nilai pada batas KKM. Simpulan penelitian adalah melalui modifikasi alat dan peraturan dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa dalam permainan kasti. Beberapa saran peneliti antara lain, 1) Siswa hendaknya memperhatikan penjelasan yang diberikan oleh guru dan lebih rajin dalam mengikuti pembelajaran. 2) Guru lebih mengembangkan kreatifitas dalam kegiatan mengajar terutama dalam memilih metode yang sesuai dengan materi yang akan disajikan atau diajarkan serta penggunaan media yang dapat meningkatkan media yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. 3) Peneliti yang lain, dapat dijadikan pertimbangan penelitian yang lain untuk mengembangkan model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kasti, Modifikasi Alat dan Peraturan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:50
Last Modified: 07 May 2014 11:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19466

Actions (login required)

View Item View Item