UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENIS MEJA MELALUI MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS V SDN 02 JETAKKIDUL KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013


TOHAYA, 6101911067 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENIS MEJA MELALUI MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS V SDN 02 JETAKKIDUL KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENIS MEJA MELALUI MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS V SDN 02 JETAKKIDUL KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENIS MEJA MELALUI MEDIA DINDING PADA SISWA KELAS V SDN 02 JETAKKIDUL KECAMATAN WONOPRINGGO KABUPATEN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih siswa banyak yang belum mampu melakukan teknik dasar tenis meja, selain itu banyak dari siswa yang belum tuntas KKM dengan nilai KKM 70. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang adalah sebagai berikut : Apakah penerapan media dinding dapat meningkatkan hasil pembelajaran tenis meja pada siswa kelas V SD Negeri 02 Jetakkidul tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas V SD Negeri 02 Jetakkidul Tahun Pelajaran 2012 / 2013 melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Jetakkidul Tahun Pelajaran 2012 / 2013 berjumlah 21 siswa, terdiri atas 9 siswa putra dan 12 siswa putri. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes kemampuan, dan penelitian hasil belajar Bermain Tenis Meja. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara statistic deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Pembelajaran melalui penerapan modifikasi alat pembelajaran, dapat meningkatkan hasil belajar tenis meja pada siswa kelas V SD Negeri 02 Jetakkidul. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus I dan siklus II. Hasil belajar pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 42,86% dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 80,95%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tenis meja melalui media dinding dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Negeri 02 Jetakkidul Kabupaten Pekalongan. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I dan siklus II. Beberapa saran, khususnya pada guru SD Negeri 02 Jetakkidul sebagai berikut : Guru hendaknya lebih inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Guru hendaknya memberikan pembelajaran kepada siswa dengan permainan yang sederhana tetapi mengandung unsur materi, agar siswa tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya memberikan modifikasi alat pembelajaran yang sederhana, efisien, efektif, dan tidak memerlukan biaya mahal untuk membuatnya yang dapat dilihat atau dipegang langsung oleh siswa, karena dapat memotivasi siswa untuk selalu mencoba dan mengulangi secara terus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Hasil Belajar Tenis Meja Melalui Media Dinding
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:50
Last Modified: 07 May 2014 11:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19465

Actions (login required)

View Item View Item