UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN PAKARANJANG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LENGKONG 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013


SUSILO, 6101911066 (2013) UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN PAKARANJANG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LENGKONG 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN PAKARANJANG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LENGKONG 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN PAKARANJANG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI LENGKONG 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013)
Download (10MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui permainan pakaranjang pada siswa kelas IV SD Negeri Lengkong 01 Kabupaten Tegal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi atau hasil belajar belajar dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui permainan pakaranjang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang merupakan dasar untuk meningkatkan pembelajaran yang akan di hasilkan,dengan langkah-langkah sebagai berikut : 1) Perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) observasi; 4) refleksi; Subjek yang di gunakan sebanyak 28 siswa. Data diambil dengan kuesioner/angket dan tes tiap siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penelitian tindakan kelas model pembelajaran lompat jauh gaya jongkok melalui permainan pakaranjang ternyata memenuhi kriteria Baik sekali sehingga dapat digunakan untuk siswa SD. Hal ini berdasarkan hasil analisis data dan observasi ahli pembelajaran pada Siklus 1, menunjukan rata-rata hasil belajar 74 dengan ketuntasan klasikal 64 %.Sedangkan hasil analisis data siklus 2 didapat rata-rata hasil belajar 77 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96 %.dan angket tanggapan siswa terhadap pembelajaran menunjukan rata-rata 73,57% setuju dengan pembelajaran dan yang menjawab sangat setuju menunjukan rata-rata 16,42 %,siswa yang tidak setuju hanya menunjukan 9,29 %,dan yang sangat tidak setuju hanya 0,71%.Hal ini menunjukan adanya peningkatan dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok serta model pembelajaran ini sangat di senangi oleh anak didik . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan pakaranjang dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SD Negeri Lengkong 01 Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Tahun 2013.Disarankan untuk meningkatkan kemampuan daya ledak tungkai atau meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dapat melalui permainan pakaranjang serta guru penjasorkes diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini,baik penelitian lanjutan maupun penelitian lain dan guru penjasorkes lebih kreatif lagi dalam memanfaatkan lingkungan untuk media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran,Lompat Jauh,Permainan,Pakaranjang.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:50
Last Modified: 07 May 2014 11:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19464

Actions (login required)

View Item View Item