Upaya meningkatkan hasil belajar bola kasti menggunakan permainan kasbol pada siswa kelas IV SD Negeri Margadana 8 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013


Dwi Ardisusilo, 6101911063 (2013) Upaya meningkatkan hasil belajar bola kasti menggunakan permainan kasbol pada siswa kelas IV SD Negeri Margadana 8 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA KASTI MENGGUNAKAN PERMAINAN KASBOL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MARGADANA 8 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SKRIPSI Diajukan dalam Rangka Penyelesaian Program Strata 1 untuk Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan Ole]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BOLA KASTI MENGGUNAKAN PERMAINAN KASBOL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI MARGADANA 8 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 SKRIPSI Diajukan dalam Rangka Penyelesaian Program Strata 1 untuk Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan Ole)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan: “Apakah model pembelajaran bola kasti menggunakan permainan kasbol dapat meningkatkan hasil belajar bola kasti pada siswa kelas IV SD Negeri Margadana 8 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013?” Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran bola kasti menggunakan permainan kasbol dapat meningkatkan hasil belajar bola kasti pada siswa kelas IV SD Negeri Margadana 8 Kota Tegal tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif-kuantitatif. Penelitian dilakukan di SD Negeri Margadana 8 Kota Tegal, dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 23 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan, serta dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2013. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar observasi minat belajar siswa, angket respon siswa dan tes praktek. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan melalui hitungan rumus yang telah ditentukan. Penelitian dikatakan berhasil jika siswa mencapai ketuntasan dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran bola kasti menggunakan permainan kasbol, pada siswa kelas IV SD Negeri Margadana 8 Kota Tegal. Hasil belajar siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,2 % yaitu dari 75,2% (siklus I) menjadi 79,4% (siklus II), dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan 22,1% yaitu dari 73,9% (siklus I) menjadi 96% (siklusII). Berkaitan dengan simpulan di atas, maka peneliti dapat mengajukan saran-saran sebagai berikut: 1) Guru hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengembangkan materi, menyampaikan materi, serta dalam mengelola kelas, sehingga kualitas pembelajaran yang dilakukannya dapat terus meningkat. 2) Guru hendaknya lebih inovatif dalam menerapkan metode untuk menyampaikan materi pembelajaran. 3) Kepada guru yang belum mengembangkan model pembelajaran kasti hendaknya mencoba teknik permainan kasti bola lunak tersebut dalam pembelajaran kasti 4) Siswa senantiasa rajin mengikuti proses pembelajaran di sekolah dan jangan takut mencoba permainan kasti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, bola kasti, dan permainan kasbol.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:50
Last Modified: 07 May 2014 11:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19463

Actions (login required)

View Item View Item