PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MENGGUNAKAN PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SRENGSENG 03 KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013


SITI DAHLIYA, 6101911062 (2013) PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MENGGUNAKAN PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SRENGSENG 03 KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MENGGUNAKAN PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SRENGSENG 03 KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MENGGUNAKAN PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SRENGSENG 03 KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa merasa bosan berlatih passing bawah karena hanya bolak balik mengambil bola yang sering sekali jatuh pada saat melakukan passing. “Bagaimana Cara meningkatkan Hasil Belajar Passing bawah bola voli mini menggunakan bola gantung pada siswa kelas IV ( empat ) SD Negeri Srengseng 03 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli mini menggunakan permainan bola gantung pada siswa kelas IV SD Negeri Srengseng 03 kecamatan pagerbarang kabupaten tegal. penelitian ini dilakukan dalam 4 tahap, meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Setiap pertemuan menunjukan tahapan proses pembelajaran pendidikan jasmani dengan materi bola voli. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Srengseng 03 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Tahun 2013 berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian berdasarkan analisis persentase dari siklus 1 dengan persentase 55% dan siklus 2 85% meningkat 30% dengan persentase tersebut penilaian ini berhasil dari indicator keberhasilan yang di harapkan yaitu 85%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa permainan bola gantung dapat meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli mini pada siswa kelas IV SD Negeri Srengseng 03 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal. Saran Guru penjasorkes hendaknya dalam melaksanakan tugas mengajar selalu melaksanakan penelitian tindakan kelas apabila timbul masalah sebagai factor penghambat proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:51
Last Modified: 07 May 2014 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19462

Actions (login required)

View Item View Item