UPAYA PEMBELAJARAN BERMAIN LEMPAR TURBO DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN SUNGAI PADA SISWA KELAS V SDN SURADADI 05 KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ABDUL MU’IN, 6101911059 (2013) UPAYA PEMBELAJARAN BERMAIN LEMPAR TURBO DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN SUNGAI PADA SISWA KELAS V SDN SURADADI 05 KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (UPAYA PEMBELAJARAN BERMAIN LEMPAR TURBO DENGAN PENDEKATAN LINGKUNGAN SUNGAI PADA SISWA KELAS V SDN SURADADI 05 KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (2422Kb)

    Abstract

    Latar belakang dalam penelitian ini adalah minimnya sarana lembing turbo dan motivasi siswa yang masih rendah dalam pembelajaran lempar turbo. Hal ini memerlukan penyelesaian masalah diantaranya dengan model pembelajaran yang dapat membuat anak tertarik untuk mengikuti pembelajaran lempar turbo, diantaranya dengan mengganti lembing turbo dengan pelepah pisang dan pembelajarannya dapat dilakukan dengan memanfaatkan lingkungan sungai sehingga anak merasa termotivasi dalam melempar turbo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Upaya Pembelajaran Lempar Turbo Dengan Pendekatan Lingkungan Sungai Pada Siswa Kelas V SDN Suradadi 05 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013?“. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pembelajaran bermain lempar turbo dengan pendekatan lingkungan sungai pada siswa kelas V SDN Suradadi 05 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalaah penelitian tindakan kelas dan pelaksanaannya menggunakan minimal 2 siklus, dengan tahapan tiap siklus adalah Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Suradadi 05 tahun pelajaran 2012/2013 sejumlah 27 siswa yang terdiri dari 11 siswa putri dan 16 siswa putra. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran lempar turbo dengan pendekatan lingkungan sungai Analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu deskriptif komparatif, membandingkan nilai tes antar siklus dan indikator kinerja yaitu ketuntasan belajar klasikal mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 3,70 dari 74,63 menjadi 78,33 atau jika dibandingkan dengan kondisi awal maka kenaikan rata-rata nilainya adalah 6,85. Sedangkan kenaikan ketuntasan klasikal adalah 19 % dari 70% pada siklus I menjadi 89% pada akhir siklus II, hal ini juga berarti mengalami kenaikan 33% dari kondisi awal yang ketuntasan klasikalnya hanya 56%. Simpulan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Penjasorkes materi lempar turbo menggunakan pendekatan lingkungan sungai dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes pada siswa kelas V SDN Suradadi 05. Hasil belajar meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Dari hasil observasi maupun angket diketahui bahwa peserta didik menunjukkan perhatian dan minat belajar yang tinggi. Saran dari peneliti adalah 1) guru hendaknya lebih kreatif dalam menghadapi keterbatasan alat pembelajaran yang tersedia di sekolah 2) guru dapat melakukan inovasi pembelajaran tercipta pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa 3) Sekolah hendaknya memiliki kebijakan untuk menyediakan alat pembelajaran yang memadai serta memberikan ruang seluas-luasnya bagi kreatifitas guru.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Lempar Turbo,Lingkungan sungai.
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: suparma perpus unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 07:51
    Last Modified: 07 May 2014 07:51

    Actions (login required)

    View Item