UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN MEDIA BEDENG PERSAWAHAN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOHARJO 01 KEC. SURADADI KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013


TRI LEKSONO, 6101911058 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN MEDIA BEDENG PERSAWAHAN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOHARJO 01 KEC. SURADADI KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN MEDIA BEDENG PERSAWAHAN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOHARJO 01 KEC. SURADADI KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN MEDIA BEDENG PERSAWAHAN UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOHARJO 01 KEC. SURADADI KAB. TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah hasil belajar lompat jauh di SD Negeri Sidoharjo 01 menurun dikarenakan bak pasir yang digunakan milik sekolah lain. (1) Permasalahan bagaimanakah pembelajaran dengan menggunakan media bedeng persawahan dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri Sidoharjo 01 Kec. Suradadi Kab. Tegal? (2) Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran dengan menggunakan media bedeng persawahan untuk siswa kelas V SD Negeri Sidoharjo 01 Kec. Suradadi Kab, Tegal tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD Negeri Sidoharjo 01 Kec. Suradadi Kab. Tegal, dengan subyek penelitian siswa kelas V dengan jumlah 34 siswa, terdiri dari 20 siswa putra dan 14 siswa putri, serta dilaksanakan pada bulan April 2013. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar hasil belajar siswa, angket dan tes unjuk kerja siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian penerapan pembelajaran lompat jauh menggunakan media bedeng persawahan , untuk siswa kelas V SD Negeri Sidoharjo 01 Kec. Suradadi Kab. Tegal. Hasil belajar siswa secara keseluruhan mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20,59% yaitu dari 70,59 % (siklus I) menjadi 91,18 %(siklus II), sehingga pada siklus II dinyatakan tuntas semua 100%. Simpulan dari hasil belajar siswa selama proses pembelajaran lompat jauh menggunakan media bedeng persawahan bahwa pembelajaran tersebut ternyata berlangsung baik dan juga mengalami peningkatan yang signifikan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran lompat jauh di SD Negeri Sidoharjo 01 Kec. Suradadi Kab. Tegal dan disarankan bagi guru pendidikan jasmani untuk melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar dapat menciptakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, lompat jauh, media bedeng.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:51
Last Modified: 07 May 2014 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19459

Actions (login required)

View Item View Item