PENERAPAN BERMAIN KASVO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PADAS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Brian Taufik Indrianto, 6101911054 (2013) PENERAPAN BERMAIN KASVO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PADAS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN BERMAIN KASVO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PADAS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENERAPAN BERMAIN KASVO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 PADAS KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah ”apakah penerapan bermain kasvo dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Padas kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2012/2013?” dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keberhasilan servis bawah bola voli melalui penerapan bermain kasvo pada siswa kelas IV SD Negeri1 Padas Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam dua siklus tersebut pada setiap siklusnya terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap Perencanaan, Tahap Pelaksanaan, Tahap Observasi, dan Tahap Refleksi. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Padas Kec. Kedungjati Kabupaten Grobogan yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 4 putra dan 14 putri. Teknik analisa data yang digunakan adalah Prosentase dan Instrumen servis bawah pada permainan kasvo. Dari hasil penelitian pada siklus I setelah diterapkan pembelajaran Servis bawah bola voli melalui penerapan bermain kasvo ketercapaian materi aspek koqnitif mencapai 83%, aspek afektif mencapai 87%, aspek psikomotor mencapai 77%, namun ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 66,66% saja. Sehingga dinyatakan bahwa pada siklus I pembelajaran belum berhasil. Sedangkan pada siklus II ketercapaian aspek koqnitif mencapai 88%, aspek afektiff mencapai 87%, aspek psikomotor mencapai 79%, prosentase ketuntasan siswa sudah mencapai 89%. Dengan ketercapaian kriteria ketuntasan klasikal kelas sebesar 85% maka dapat diambil kasumpulan bahwa tindakan Penerapan Bermian Kasvo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Padas Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2012/2013 dapat dinyatakan berhasil. Diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk dapat menerapkan permainan Kasvo sebagai salah satu alternatif pembelajaran pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bolavoli, Hasil belajar, Bermain kasvo, Sekolah Dasar, kelas IV
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:53
Last Modified: 07 May 2014 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19458

Actions (login required)

View Item View Item