MENINGKATKAN TEKNIK DASAR MEMUKUL BOLA KASTI MELALUI BERMAIN TOKAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGEMPON 01 KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013


Sukrisno, 6101911053 (2013) MENINGKATKAN TEKNIK DASAR MEMUKUL BOLA KASTI MELALUI BERMAIN TOKAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGEMPON 01 KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN TEKNIK DASAR MEMUKUL BOLA KASTI MELALUI BERMAIN TOKAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGEMPON 01 KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013]
Preview
PDF (MENINGKATKAN TEKNIK DASAR MEMUKUL BOLA KASTI MELALUI BERMAIN TOKAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGEMPON 01 KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bermain bola kasti anak mengalami kesulitan dalam memukul bola kasti karena anak kurang antusias dalam mengikutinya, pembelajaran yang monoton berorientasi pada teknik, dan tidak ada modifikasi maka peneliti tertarik untuk meningkatkan teknik dasar memukul bola kasti melalui bermain tokas pada siswa SDN Ngempon 01 Kec. Bergas Kab. Semarang Semester II Tahun 2013. Apakah dengan bermain tokas dapat meningkatkan teknik dasar memukul bola kasti pada siswa kelas IV SDN Ngempon 01 Kec. Bergas Kab. Semarang Semester II Tahun 2013 ?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan teknik dasar memukul bola kasti melalui bermain tokas pada siswa kelas IV SDN Ngempon 01 Kec. Bergas Kab. Semarang Tahun 2013. Penelitian ini dilakukan dua kali pertemuan yaitu siklus I tanggal 15 Mei 2013 dan Siklus II tanggal 22 Mei 2013. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Ngempon 01 Kec. Bergas Kab. Semarang Semester II tahun 2013. Objek penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar teknik dasar memukul bola kasti pada siswa kelas IV SDN Ngempon 01 Kec. Bergas Kab. Semarang Semester II Tahun 2013. Lokasi penelitian di halaman SDN Ngempon 01 Kec. Bergas Kab. Semarang. Teknik pengumpulan data terdiri dari Observasi, Dokumentasi, Tes Praktik dan Tes Tertulis. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas terdiri atas 4 tahap yaitu: planning (perencanaan), action (tindakan), Observasi (pengamatan), dan reflection (refleksi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen pembelajaran (Silabus, RPP ,Lembar Observasi, Tes Praktik dan Tes Tertulis) dan instument evaluasi (Aspek psikomotor, aspek kognitif dan aspek afektif). Analisis data penelitian adalah data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan data ketuntasan siklus I adalah 45,94% dan siklus II adalah 91,89%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran telah berhasil karena siswa yang tuntas telah melebihi 85,00% dari jumlah siswa. Maka dapat disimpulkan pembelajaran teknik dasar memukul bola kasti melalui bermain tokas dapat meningkatkan hasil pembelajaran. Saran yang dapat disampaikan antara lain : (1) Bagi siswa untuk meningkatkan semangat belajar. (2) Bagi guru galilah ide-ide kreatif untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, ciptakan pembelajaran PAIKEM GEMBROT dan mempunyai tujuan agar semua ranah dapat terpenuhi. (3) Bagi sekolah semoga dapat mencukupi sarana prasarana agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik. (4) Bagi pembaca semoga dapat sebagai tambahan pengetahuan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kasti, Tonnis, permainan, modifikasi, SD, Kelas IV
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:53
Last Modified: 07 May 2014 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19457

Actions (login required)

View Item View Item