PENERAPAN PERMAINAN LEBOSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PODOREJO 01 SEMARANG TAHUN 2012/2013


Meidha Maya Sari, 6101911051 (2013) PENERAPAN PERMAINAN LEBOSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PODOREJO 01 SEMARANG TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PERMAINAN LEBOSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PODOREJO 01 SEMARANG TAHUN 2012/2013]
Preview
PDF (PENERAPAN PERMAINAN LEBOSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR TURBO PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PODOREJO 01 SEMARANG TAHUN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa cenderung cepat merasa bosan dengan materi atletik mereka lebih menyukai kasti, sepak bola dan jalan-jalan. Penelitian ini adalah proses pembelajaran yang berlangsung di kelas IV SD Negeri Podorejo 01 Semarang belum mencapai hasil yang optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana cara meningkatkan hasil belajar lempar turbo bagi siswa kelas IV SD Negeri Podorejo 01 Semarang dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Podorejo 01 Semarang dalam pembelajaran lempar turbo menggunakan penerapan permainan lebosa? Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus dan pada tiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan , dan refleksi. Dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Podorejo 01 Semarang sebanyak 18 siswa 9 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 18 dan 25 April 2013 jam 07.00-09.15. Tempat berlangsungnya penelitian ini adalah halaman SD Negeri Podorejo 01 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan lebosa hasil belajar siswa meningkat. Dari 18 siswa kelas IV SD Negeri Podorejo 01 sejumlah 8 siswa dengan prosentase 44,44% mencapai nilai ketuntasan minimal. Pada siklus I meningkat menjadi 66,67% dengan 12 siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Pada siklus II sebesar 88,89% dengan sejumlah 16 siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal. Hal tersebut menjadi bukti peningkatan hasil belajar siswa karena sudah melampaui indikator yang telah ditetapkan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran menggunakan permainan lebosa dapat meningkatkan hasil belajar lempar turbo siswa kelas IV SD Negeri Podorejo 01 Semarang. Saran yang dapat diberikan adalah, bagi guru: 1) merancang materi pembelajaran secara terprogram dengan memperhatikan kondisi siswa, sehingga pembelajaran dengan menggunakan pendekatan penerapan permainan dapat berjalan dengan lancar. 2) memberikan kesempatan kepada siswa dengan semaksimal mungkin untuk ikut aktif melakukan kegiatan bermain, berdiskusi, latihan. Bagi sekolah: 1) Sekolah diharapkan mengusahakan tersedianya sarana pendukung proses pembelajaran. 2) sekolah diharapkan memberikan fasilitas untuk pengembangan guru dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar Lempar Turbo
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:53
Last Modified: 07 May 2014 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19456

Actions (login required)

View Item View Item