MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN SIRKUIT PADA KELAS V SD NEGERI KLEGO 04 KOTA PEKALONGAN


LUKMAN AJI, 6101911042 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN SIRKUIT PADA KELAS V SD NEGERI KLEGO 04 KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN SIRKUIT PADA KELAS V SD NEGERI KLEGO 04 KOTA PEKALONGAN]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN SIRKUIT PADA KELAS V SD NEGERI KLEGO 04 KOTA PEKALONGAN)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah hasil pembelajaran pada materi lari cepat kurang maksimal. Rumusan masalah tersebut adalah apakah dengan permainan sirkuit dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat pada siswa kelas V SDN Klego 04 kota pekalongan?. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana permainan sirkuit dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat pada siswa kela V SDN Klego 04 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Klego 04 Kota Pekalongan, sedangkan Objek penelitian menggunakan metode pendekatan permainan sirkuit. Pertemuan dalam penelitian ini dirancang dua siklus, Adapun siswa yang digunakan adalah siswa kelas V SDN Klego 04 Kota Pekalongan. pada semester dua tahun pelajaran 2012/2013. Jumlah siswa yang digunakan adalah 20. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus 1 dan siklus 2, baik dari penigkatan nilai rata-rata pembelajaran lari cepat maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Rata-rata siklus 1 (79, 30) dan rata-rata siklus 2 (85, 15), sehingga peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 5,85 (29, 25%). Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran lari cepat dapat dilihat dari nilai KKM (75), pada kondisi awal tuntas sebesar 45%, setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 14 dari 20 siswa (70%) dan pada siklus 2 yang memiliki nilai diatas KKM sebanyak 17 dari 20 siswa keseluruhan atau tuntas sebesar (85%). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pendekatan permainan sirkuit dapat meningkatkan hasil belajar lari cepat pada siswa kelas V SDN Klegoo 04 Kecamatan Pekalongan Timur Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013. Saran bagi guru penjasorkes penelitian ini menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Permainan Sirkuit
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:07
Last Modified: 07 May 2014 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19455

Actions (login required)

View Item View Item