MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH BOLAVOLI MELALUI BERMAIN KASVOL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI POLAMAN KEC. MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Sukamto, 6101911033 (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH BOLAVOLI MELALUI BERMAIN KASVOL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI POLAMAN KEC. MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MENINGKATKAN KEMAMPUAN SERVIS BAWAH BOLAVOLI MELALUI BERMAIN KASVOL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI POLAMAN KEC. MIJEN KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pada penelitian tindakan kelas ini berdasarkan latar belakang dan permasalahan yang akan diteliti adalah apakah dengan bermain Kasvol dapat meningkatkan kemampuan belajar servis bawah bolavoli pada siswa kelas IV SDN Polaman Kecamatan Mijen Kota Semarang Tahun pelajaran 2012/2013? Penelitian disusun Untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan belajar servis bawah dalampermainan bolavoli yang dilakukan siswa melalui bermain kasvol .dimana masih banyak siswa dari SDN Polaman Kecamatan Mijen Kota Semarang dalam mengikuti pembelajaran servis bawah bolavoli mendapatkan nilai dibawah KKM. Dari data observasi diperoleh siswa kelas IV SD Negeri Polaman sejumlah 25 siswa dalam hasil pembelajaran servis bawah bolavoli tidak memenuhi nilai KKM atau belum tuntas ini tebukti dari sebanyak 15 siswa (60%) tidak tuntas dan 10 siswa (40%) tuntas. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan langkah-langkah penelitian yaitu : (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) perencanaan. (3) tindakan. (4) pengamatan. (5) refleksi. Dari hasil penelitian diperoleh data pada siklus I pada aspek kognitif sebanyak 8 siswa (32,00%) belum tuntas dan 17 siswa (68,00%) tuntas. Pada siklus I aspek psikomotor 7 siswa (28,00%) belum tuntas dan 18 siswa (72,00%) tuntas. Pada aspek afektif 5 siswa (20.00%) belum tuntas dan 20 siswa (80.00%) tuntas. Pada siklus II pada aspek kognitif sebanyak 4 siswa (16,00%) belum tuntas dan 21 siswa (84,00%) tuntas. Pada aspek psikomotor 3 siswa (12,00%) belum tuntas dan 22 siswa (88,00%) tuntas. Pada aspek afektif 2 siswa (8,00%) belum tuntas dan 23 siswa (92,00%) tuntas. Sehingga dalam proses pembelajaran servis bawah bolavoli melalui bermain kasvol dan tidak perlu melanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan penelitian di atas, metode pembelajaran servis bawah bolavoli melalui bermain kasvol dapat diterima oleh siswa sehingga dalam proses pembelajaran diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Polaman Kecamatan Mijen Kota Semarang. Diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan metode pembelajaran servis bawah bolavoli melalui bermain kasvol ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Servis Bawah Bolavoli |
Subjects: | O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 22797 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 11:53 |
Last Modified: | 07 May 2014 11:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19454 |
Actions (login required)
View Item |