PENERAPAN BERMAIN KATAK BERBURU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS IV SDN NGEMPLAK SIMONGAN 02 SEMARANG TAHUN 2013


Aristya Edi Wicaksono, 6101911031 (2013) PENERAPAN BERMAIN KATAK BERBURU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS IV SDN NGEMPLAK SIMONGAN 02 SEMARANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN BERMAIN KATAK BERBURU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS IV SDN NGEMPLAK SIMONGAN 02 SEMARANG TAHUN 2013]
Preview
PDF (PENERAPAN BERMAIN KATAK BERBURU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS IV SDN NGEMPLAK SIMONGAN 02 SEMARANG TAHUN 2013)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Lompat Jauh merupakan salah satu mata pelajaran pendidikan jasmani yang wajib diberikan kapada siswa mulai dari Sekolah Dasar, namun karena metode pembelajaran dan latihan yang kurang tepat menyebabkan siswa kelas IV SDN Ngemplak Simongan 02 Semarang mengalami kesulitan dalam pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok, hal ini terbukti dari hasil pembelajaran ada 24 siswa dari 32 siswa yang mendapat nilai dibawah kriteria ketuntasan minimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan bermain katak berburu dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada saat melakukan awalan dan tolakan pada siswa kelas IV SDN Ngemplak Simongan 02 Semarang 2013 ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada Siswa Kelas IV SDN Ngemplak Simongan 02 Semarang dengan penerapan bermainan katak berburu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ngemplak Simongan 02 Semarang berjumlah 32 siswa dengan objek penelitian meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi melalui penilaian hasil belajar dari aspek kognitif, aspek psikomotor dan aspek afektif dalam unjuk kerja lompat jauh.Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif (nilai hasil belajar siswa) yang dapat dianalisis secara deskriptif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran permainan katak berburu dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 59,37% atau 19 siswa dan yang belum tuntas ada 13 anak atau 40,63%. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 84,37% atau 27 siswa dan yang belum tuntas 5 anak atau 15,63%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan permainan katak berburu dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas IV SDN Ngemplak Simongan 02 Semarang. Saran yang diberikan kepada guru yaitu guru penjasorkes SD menjalankan tugas secara profesional dan menerapkan berbagai inovasi pembelajaran secara variatif, memberikan alat bantu media pembelajaran yang sederhana, efisien, efektif dan memberikan motivasi siswa didiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan hasil belajar, lompat jauh, penerapan bermain katak berburu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:54
Last Modified: 07 May 2014 11:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19452

Actions (login required)

View Item View Item