FRAGMEN CERITA RAMAYANA SEBAGAI SUBJEK DALAM LUKIS KACA HIAS


Juni Amanullah, 2401406028 (2013) FRAGMEN CERITA RAMAYANA SEBAGAI SUBJEK DALAM LUKIS KACA HIAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FRAGMEN CERITA RAMAYANA SEBAGAI SUBJEK DALAM LUKIS KACA HIAS]
Preview
PDF (FRAGMEN CERITA RAMAYANA SEBAGAI SUBJEK DALAM LUKIS KACA HIAS)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Ramayana adalah sebuah cerita perjalanan Sri Rama, merupakan salah satu epos dari India. Dari segi bobot isi cerita, ajaran-ajaran kebajikan yang tertuang pada cerita itu senantiasa relevan dengan konteks zaman sampai saat ini. Cerita Ramayana yang sangat melegenda dalam kisahnya tersendiri, sehingga banyak orang suka mendengarkan cerita tersebut. Tujuan penulis menyusun Proyek Studi ini adalah sebagai sarana untuk mengekspresikan gagasan cerita Ramayana, khususnya fragmen yang penulis pilih dalam cerita Ramayana yang divisualisasikan dalam karya lukis kaca hias yang dieksplorasi dengan bentuk stilistik. Tujuan lain dari penulis adalah mengembangkan daya imajinasi, eksplorasi, dan kreasinya melalui kaca hias dan mengasah daya sensitivitas terhadap karya sastra Ramayana. Media dan bahan yang digunakan dalam pembuatan proyek studi ini adalah kaca es transparan yang bertekstur merk Asahima dengan tebal 0,5 cm dengan ukuran media 121 cm x 71 cm sebanyak sembilan karya. Campuran lem PVA dan bubuk Kalsium Karbonat digunakan untuk pembuatan line pada media kaca dengan cara ditekan pada plastik corong adonan roti yang dipotong pucuknya. Penulis menggunakan jenis cat Laquier Candytone merk SUZUKA yang dituangkan di atas kaca dengan menggunakan pipet. Teknik berkarya yang digunakan penulis diawali dari sket diatas kertas yang kemudian dijiplak ke kaca hingga karya jadi. Secara keseluruhan metode berkarya penulis meliputi tahapan konseptualisasi dan visualisasi fragmen yang penulis pilih dari kisah Ramayana yang direalisasikan ke dalam karya seni rupa lukis kaca hias. Penulis berkarya sebanyak sembilan panel dengan menggunakan pendekatan dekoratif untuk tiap-tiap objeknya. Keseimbangan yang digunakan sebagian besar adalah keseimbangan asimetris dengan dominasi memusat pada objek utama. Arah garis vertikal mendominasi subjek utama dan arah horisontal untuk latar pendukung, dan bagian kaca yang kosong (tidak di cat) sebagai latar belakang. Garis lengkung dengan raut organis mendominasi subjek-subjek gambar yang ada dalam unit-unit panel karya, agar terdapat kombinasi peragaman garis, raut, dan warna serta penerapan prinsip susunan garis berkesinambungan dan berulang di tiap karya. Sistem susunan kombinasi warna adalah susunan warna analogus dan komplementer pada bagian subjek-subjek gambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ramayana, kaca hias.
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
P Language and Literature > PM Hyperborean, Indian, and Artificial languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:53
Last Modified: 07 May 2014 11:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19449

Actions (login required)

View Item View Item