PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SEPAK SILA PERMAINAN SEPAK TAKRAW MELALUI “HOOP TAKRAW” PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 JUNGSEMI KECAMATAN KANGKUNG KABUPATEN KENDAL


MAHROJI, 6101911025 (2013) PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SEPAK SILA PERMAINAN SEPAK TAKRAW MELALUI “HOOP TAKRAW” PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 JUNGSEMI KECAMATAN KANGKUNG KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SEPAK SILA PERMAINAN SEPAK TAKRAW MELALUI “HOOP TAKRAW” PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 JUNGSEMI KECAMATAN KANGKUNG KABUPATEN KENDAL]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR SEPAK SILA PERMAINAN SEPAK TAKRAW MELALUI “HOOP TAKRAW” PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 JUNGSEMI KECAMATAN KANGKUNG KABUPATEN KENDAL)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang dilakukan di SD Negeri 3 Jungsemi bahwa dalam proses pembelajaran sepak sila belum maksimal dan belum mencapai ketuntasan dalam pelaksanaannya. Disamping itu, nilai siswa dalam materi sepak takraw khususnya sepak sila masih banyak yang dibawah batas Kriteria Ketuntasan maksimal (KKM) yaitu 70. Melihat hasil belajar siswa yang masih rendah maka perlu adanya penggunaan metode yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar sepak sila melalui permainan “Hoop Takraw”. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 3 Jungsemi yang berjumlah 31 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan setiap siklus dalam penelitian meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan yaitu metode demonstrasi dan non tes (observasi dan dokumentasi).Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yaitu data yang berupa data observasi, catatan lapangan maupun dokumentasi dengan cara menganalisis lembar observasi yang telah diisi dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini diperoleh prosentase keterampilan siswa untuk aspek melempar 45% dan aspek menimang 39% pada pembelajaran siklus I dikategorikan tuntas. Pada siklus II meningkat yaitu untuk keterampilan melempar menjadi 100% dan aspek menimang meningkat menjadi 90%. Rata-rata kelas yang dicapai pada siklus I keterampilan melempar dan menimang sebesar 74% tidak tuntas dan 26% tuntas. Pada siklus II rata-rata kelas keterampilan siswa meningkat menjadi 100% tuntas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran teknik dasar sepak sila melalui “Hoop Takraw” mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penggunaan metode permainan “Hoop Takraw” dan bisa digunakan dalam pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Sepak Sila Dalam Sepak Takraw, Permainan “Hoop Takraw”.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:07
Last Modified: 07 May 2014 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19447

Actions (login required)

View Item View Item