PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANJARANYAR 05 KAB TEGAL TAHUN 2013


HERI RAKHMAWAN, 6101911020 (2013) PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANJARANYAR 05 KAB TEGAL TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANJARANYAR 05 KAB TEGAL TAHUN 2013]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN LOMPAT TINGGI DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BANJARANYAR 05 KAB TEGAL TAHUN 2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang dilakukan melalui aktivitas fisik sebagai media utama untuk mencapai tujuan pendidikan. Ada beberapa kendala yang terjadi di dalam proses pembelajaran lompat tinggi khususnya gaya straddle pada siswa kelas IV SDN Banjaranyar 05 Kabupaten Tegal Tahun 2013. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah membuat suatu model pembelajaran yang menarik bagi siswa dengan model pendekatan permainan sederhana. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan pembelajaran lompat tinggi melalui media pendekatan permainan sederhana dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas IV SDN Banjaranyar 05 Kabupaten Tegal Tahun 2013?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran lompat tinggi melalui media pendekatan permainan sederhana dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa kelas IV SDN Banjaranyar 05 Kabupaten Tegal Tahun 2013 dalam mata pelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Banjarnyar 05 Kabupaten Tegal, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi (pengamatan) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: metode observasi, metode dokumentasi, dan metode tes. Hasil menunjukan bahwa hasil belajar Lompat Tinggi dengan menggunakan Pendekatan permainan Sederhana pada kelas IV SD Negeri Banjaranyar 05 Kabupaten Tegal berdampak positif. Hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 mengalami ketuntasan belajar yaitu pada pra siklus ketuntasan belajar 50% siklus I ketuntasan belajar mencapai 62,5% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 90,63%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat tinggi dengan menggunakan pendekatan permainan sederhana mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran tersebut sehingga mereka menjadi terrmotivasi dan berminat untuk belajar. Guru hendaknya terus berusaha untuk meningkatkan kemampuannya, diharapkan lebih inovatif, kreatif dalam memilih dan menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. Sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Lompat Tinggi, Pendekatan Permainan Sederhana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:07
Last Modified: 07 May 2014 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19446

Actions (login required)

View Item View Item