PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN BOLA BATAS MELINGKAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PAGIYANTEN 01 KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013


BUDIMAN PRASETYO HADI P., 6101911019 (2013) PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN BOLA BATAS MELINGKAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PAGIYANTEN 01 KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN BOLA BATAS MELINGKAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PAGIYANTEN 01 KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN PASSING SEPAK BOLA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN BOLA BATAS MELINGKAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PAGIYANTEN 01 KECAMATAN ADIWERNA KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum tercapainya nilai ketuntasan minimal pada materi passing sepak bola sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran mengalami kegagalan. Untuk itu dapat ditarik perumusan masalah : “Apakah penerapan pendekatan menggunakan permainan bola batas melingkar dapat meningkatkan hasil belajar siswa”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui “Apakah penerapan pendekatan menggunakan permainan bola batas melingkar dapat meningkatkan hasil belajar siswa”. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana maing-masing siklus terdiri atas : 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan 3) pengamatan ; 4) refleksi. Penelitian yang dilakukan mencakup 3 ranah yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik. Selain itu dilakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran selama proses kegiatan berlangsung dan membuat angket kuesioner berupa angket minat dan motivasi pembelajaran, untuk mengetahui sejauh mana kepuasan dan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar passing sepak bola dengan menggunakan pendekatan bermain bola batas melingkar berdampak positif hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75% mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 73,913% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 91,304%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing sepak bola menggunakan pendekatan bermain bola batas melingkar mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa yang ditujukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa tertarik dan berminat dengan model pembelajaran tersebut sehingga mereka menjadi termotivasi dan berminat untuk belajar.Agar proses belajar mengajar lebih efektif dan lebih memberikan hasil yang optimal bagi siswa maka disampaikan saran sebagai berikut : Dalam pembelajaran penjasorkes khususnya passing sepak bola, sebaiknya guru menggunakan permainan yang menarik dan mengaktifkan siswa sehingga selama proses pembelajaran siswa merasa senang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; passing sepak bola; permainan bola batas melingkar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:07
Last Modified: 07 May 2014 12:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19445

Actions (login required)

View Item View Item