UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BOARDBALL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SINDANG 02 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013

AGUS PURWANTO, 6101911018 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BOARDBALL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SINDANG 02 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BOARDBALL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SINDANG 02 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (5Mb)

    Abstract

    Dalam kegiatan pembelajaran passing bawah bola voli mini siswa sering mengalami sakit pada tangan saat melakukan passing bawah dikarenakan media yang digunakan tidak sesuai karakteristik siswa. Faktor tesebut juga menyebabkan minat dan motivasi siswa menjadi berkurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan bermain boardball dalam pembelajaran passing bawah bola voli mini dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Sindang 02. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam mengikuti pembelajaran passing bawah bola voli mini pada siswa kelas IV SD Negeri Sindang 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui pendekatan bermain boardball. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Sindang 02 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal dengan subyek penelitian kelas IV dengan jumlah 28 siswa terdiri dari 18 laki-laki dan 10 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar observasi minat belajar siswa, angket respon siswa dan tes praktek. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan melalui hitungan rumus yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar passing bawah bola voli mini melalui pendekatan bermain boardball berdampak positif, hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ke siklus II sebesar 21,43% yaitu dari 71,43% (siklus I) menjadi 92,86% (siklus II). Pembelajaran ini mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan sangat setuju 64.29% pada hasil angket minat siswa, dan siswa menjawab sangat setuju 59.29% pada hasil angket motivasi siswa. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran passing bawah bola voli mini melalui pendekatan bermain boardball dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian maka disampaikan saran sebagai berikut: 1) dalam pembelajaran passing bawah bola voli mini sebaiknya guru menggunakan media yang sesuai karakteristik siswa, 2) menerapkan metode serta media pembelajaran yang sesuai materi, 3) siswa sebaiknya memotivasi diri dalam belajar, agar mencapai hasil yang maksimal.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar, passing bawah bola voli mini, boardball.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: suparma perpus unnes
    Date Deposited: 07 May 2014 08:07
    Last Modified: 07 May 2014 08:07

    Actions (login required)

    View Item