MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN LONCAT KATAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JENGGOT KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013
SUGIYANTO, 6101911014 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN LONCAT KATAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JENGGOT KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN LONCAT KATAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI JENGGOT KOTA PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (17MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang tepat serta sarana yang kurang memadai dalam proses pembelajaran lompat jauh sehingga hasil belajar siswa tidak optimal. Rumusan masalah bagaimana meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan permainan lompat katak pada siswa kelas V SD Negeri Jenggot kota Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan permainan loncat katak untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil tes unjuk kerja , sikap siswa serta perilaku siswa yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jenggot Kota Pekalongan. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan permainan loncat katak. Pengambilan data dalam penelitian ini di rancang dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data di peroleh dari hasil tes untuk kerja yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa mengalami peningkatan untuk displin meningkat menjadi 10 pada siklus II. Semangat pada siklus I 3,16 dan pada siklus II meningkat menjadi 8,95. sportivitas pada siklus I 7,47 dan pada siklus II meningkat menjadi 8,42. Jujur pada siklus I 3,68 dan pada siklus II meningkat menjadi 8,42, Percaya diri pada siklus I 7,89 dan pada siklus II meningkat menjadi 9,47. Total skor aktivitas siswa pada siklus I 32,20 dan pada siklus II meningkat menjadi 45,26. Rata-rata skor pada siklus I sebesar 6,44 yang termasuk kategori kurang baik dan pada siklus II meningkat menjadi 9,05 yang termasuk kategori baik. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan permainan loncat katak pada siswa kelas Kelas V SD Negeri Jenggot Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013 termasuk kategori baik. Saran dalam penelitian ini bagi guru yang mengalami kesulitan dalam peningkatan lompat jauh, PTK ini dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lompat Jauh, Permainan Loncat Katak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Physical fitness |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1 |
Depositing User: | Users 22797 not found. |
Date Deposited: | 07 May 2014 12:07 |
Last Modified: | 07 May 2014 12:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19442 |
Actions (login required)
View Item |