MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BEREGU PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM 06 KEC. BATANG KAB. BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013


RIZQI YULIANTO PRABOWO, 6101911013 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BEREGU PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM 06 KEC. BATANG KAB. BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BEREGU PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM 06 KEC. BATANG KAB. BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BEREGU PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGASEM 06 KEC. BATANG KAB. BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang kurang tepat serta sarana yang kurang memadai dalam proses pembelajaran bola voli sehingga hasil belajar siswa tidak optimal. Rumusan masalah tersebut bagaimana peningkatan hasil belajar passing bola voli melalui pendekatan bermian beregu pada siswa kelas IV SD N Karangasem 06 kecamatan Batang kabupaten Batang tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bola voli melalui pendekatan bermain beregu untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran yang ditunjukkan dengan hasil tes unjuk kerja , sikap siswa serta perilaku siswa yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Objek penelitian melalui pendekatan bermain beregu sedangkan subjeknya adalah siswa kelas IV SD N Karangasem 06 Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Pengambilan data dalam penelitian ini dirancang dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data diperoleh dari hasil tes unjuk kerja yang ditampilkan siswa pada saat pelaksanaan tes. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 dan siklus 2, baik dari peningkatan nilai rata-rata pembelajaran passing bola voli maupun nilai ketuntasan hasil belajar. Nilai rata-rata siklus 1 (75,33%) dan rata-rata siklus 2 (81,19%), sehingga peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 5,86%. Peningkatan kemampuan gerak pada pembelajaran bola voli passing bola voli dapat dilihat dari nilai KKM (75,00) atau tuntas sebesar 83,33% setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 nilai belajar siswa yang tuntas sebanyak 15 dari 24 siswa (62,50%) dan pada siklus 2 yang tuntas sebanyak 20 dari 24 siswa keseluruhan atau tuntas sebesar 83,33%. Kesimpulan peneliti ini adalah menunjukkan bahwa meningkatakan hasil belajar passing bola voli melalui pendekatan bermain beregu pada siswa kelas IV SD N Karangasem 06 Kecamatan Batang Kabupaten Batang tahun Pelajaran 2012/2013 termasuk kategori baik. Saran penelitian ini untuk guru-guru penjas di kecamatan Batang memenuhi permasalahan yang sama bisa menggunakan metode ini sebagai alternatif buat pembelajaran bola voli.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bermain, Voli, Beregu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:08
Last Modified: 07 May 2014 12:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19441

Actions (login required)

View Item View Item