UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLABASKET MENGGUNAKAN PERMAINAN PASS AND ROLL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DUKUHWARU 01 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN 2012/2013


TEGUH MULYA, 6101911011 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLABASKET MENGGUNAKAN PERMAINAN PASS AND ROLL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DUKUHWARU 01 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLABASKET MENGGUNAKAN PERMAINAN PASS AND ROLL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DUKUHWARU 01 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLABASKET MENGGUNAKAN PERMAINAN PASS AND ROLL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DUKUHWARU 01 KECAMATAN DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL TAHUN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan ditemukan beberapa masalah yang komplek khususnya pada pembelajaran passing bola basket. Dalam pembelajaran tersebut siswa terlihat kurang berminat, senang mengikuti pelajaran passing bolabasket dan belum tuntasnya kriteria ketuntasan minimal dalam pembelajaran passing bolabasket. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode permainan pass and roll dalam pembelajaran passing bolabasket dapat meningkatkan hasil belajar passing bolabasket pada siswa kelas V SD NEGERI DUKUHWARU 01 tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus dimana masing-masing siklus terdiri atas : 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan tindakan; 3) Pengamatan; 4) Refleksi. Penelitian ini mencakup 3 ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Hasil menunjukan bahwa hasil belajar passing bolabasket menggunakan permainan pass and roll pada kelas V SD Dukuhwaru 01 Kecamatan Dukuhwaru positif. Hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 mengalami ketuntasan belajar yaitu pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 62,16% sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 83,78%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing bolabasket menggunakan permainan pass and roll mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan meningkatnya prosentase pembelajaran pada siklus II. Dari hasil penelitian yang diperoleh dari uraian sebelunya agar proses belajar mengajar lebih efektif dan lebih memberikan hasil yang optimal bagi siswa, maka disampaikan saran sebagai berikut : Dalam pembelajaran penjasorkes khususnya passing bolabasket, sebaiknya guru menggunakan permainan yang menarik dan mengaktifkan siswa sehingga selama proses pembelajaran siswa merasa senang dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, passing bolabasket, permainan pass and roll.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:10
Last Modified: 07 May 2014 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19440

Actions (login required)

View Item View Item