UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK SILA MELALUI PERMAINAN BOTUL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIWADAS 03 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2013


SATRIA AJI WIBOWO, 6101911007 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK SILA MELALUI PERMAINAN BOTUL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIWADAS 03 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK SILA MELALUI PERMAINAN BOTUL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIWADAS 03 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK SILA MELALUI PERMAINAN BOTUL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI KALIWADAS 03 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada siswa kelas V SD Negeri Kaliwadas 03 sedang dilaksanakan kegiatan pembelajaran sepak takaw. Dalam hal ini peneliti mengalami kesulitan saat pembelajaran sepak takraw khususnya teknik sepak sila. Setelah dilaksanakan tes formatif ternyata masih banyak siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pelaksanaan pembelajaran sepak sila ini bertempat di halaman SD Negeri Kaliwadas 03 dan dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas V denagn jumlah siswa 24 yang terdiri dari 15 siswa putra dan 9 siswa putri. Alat yang digunakan sebagai pengumpul data adalah lembar observasi dan angket kuisioner. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian pembelajaran ini dapat dikatakan meningkat secara signifikan. Pada ranah afektif siklus I adalah 58 % dan pada siklus II mencapai 91%, pada ranah kognitif siklus I adalah 67 % dan pada siklus II mencapai 91 %, pada ranah psikomotor siklus I adalah 62 % dan pada siklus II mencapai 91 %. Dari ketiga ranah tersebut dapat dikemukakan bahwa pada siklus I prosentase adalah 62 %, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91 %. Kesimpulan dari penelitian ini diketahui bahwa permainan bola pantul dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar sepak takaw yaitu sepak sila. Hal ini dapat dilihat dari hasil prosentase antar siklus yang dilaksanakan oleh peneliti. Perlunya persiapan yang matang dan lengkap dalam melaksanakan pembelajaran, guru harus memiliki kemampuan dalam penggunaan media, permainan bola pantul dapat dijadikan alternatif pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hasil penelitian, Permainan Bola Pantul.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:10
Last Modified: 07 May 2014 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19439

Actions (login required)

View Item View Item