UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA O’BRIEN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LEMPAR SASARAN PADA KELAS V SDN KALIWADAS 02 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2013


LUCIANA WIJAYANTI, 6101911006 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA O’BRIEN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LEMPAR SASARAN PADA KELAS V SDN KALIWADAS 02 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA O’BRIEN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LEMPAR SASARAN PADA KELAS V SDN KALIWADAS 02 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA O’BRIEN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LEMPAR SASARAN PADA KELAS V SDN KALIWADAS 02 KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES TAHUN 2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

SD Negeri Kaliwadas 02 terletak di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes yang hasil belajar Tolak Peluru masih di bawah KKM karena siswa takut melakukan tolak peluru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Tolak Peluru Gaya O’brien pada siswa kelas V SD Negeri Kaliwadas 02 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes akan meningkat melalui pendekatan bermain lempar sasaran Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kaliwadas 02 Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes pada kelas V semester genap menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Objek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 25 siswa. Teknik analisa data menggunakan penilaian lembar aktivitas guru yang digunakan untuk memperoleh data ketrampilan guru dalam memberikan pembelajaran, penilaian lembar aktivitas siswa yang digunakan untuk memperoleh data ketrampilan siswa yang meliputi aspek psikomotor, aspek afektif dan aspek kognitif, dan angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap Tolak Peluru Gaya O’brien bermainlempar sasaran. Hasil penelitian kemampuan siswa dalam melakukan pembelajaran bermain lempar sasaran meningkat dalam setiap siklus, pada ranah kognitif siklus I adalah 44% dan pada siklus II adalah 96%, pada ranah afektif siklus I adalah 60% dan pada siklus II adalah 100%, pada ranah psikomotor siklus I adalah 64% dan pada siklus II adalah 84%, dari hasil siklus I berdasarkan ketiga ranah adalah 56% dan pada siklus II berdasarkan ketiga ranah adalah 93%. Kesimpulan pembelajaran ini adalah pembelajaran dengan pendekatan bermain lempar sasaran memiliki dampak positif dalam peningkatan ketuntasan belajar siswa. Penerapan pembelajaran dengan pendekatan bermain lempar sasaran mempunyai pengaruh positif, ialah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Pembelajaran dengan pendekatan bermain lempar sasaran dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar. Saran yang diajukan berdasakan hasil penelitian adalah pembelajaran dengan pendekatan bermain lempar sasaran dapat dijadikan alternative dalam mengatasi hasil belajar tolak peluru gaya O’brien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Tolak Peluru Gaya O’brien, Bermain Lempar Sasaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:10
Last Modified: 07 May 2014 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19438

Actions (login required)

View Item View Item