PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERMAINAN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PEDAGANGAN 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013


DIDI WAHYUDI, 6101911004 (2013) PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERMAINAN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PEDAGANGAN 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERMAINAN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PEDAGANGAN 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERMAINAN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PEDAGANGAN 01 KABUPATEN TEGAL TAHUN 2013)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan peneliti adalah apakah pembelajaran lompat jauh gaya jongkok menggunakan pendekatan permainan lompat kanguru dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri pedagangan 01 Kabupaten Tegal Tahun 2013 ?. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok menggunakan pendekatan permainan lompat kanguru pada siswa kelas V SD Negeri Pedagangan 01 Kabupaten tegal tahun 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pelaksanaan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Pedagangan 01 Kabupaten Tegal yang berjumlah 30 siswa dengan Objek penelitian permainan lompat kanguru, yang meliputi gerakan melompat dengan tepat kearah sasaran ban sampai ke ban yang terakhir, kemudian mengambil bola karet dengan gerakan tanpa awalan, awalan dengan dua langkah, awalan dengan lima langkah, sebagai modifikasi dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, unjuk kerja dan dokumentasi dengan tiga aspek yaitu afektif, kognitif, dan psikomotor. Dari hasil pengamatan dan hasil angket respon siswa terhadap proses pembelajaran yang telah berlangsung, telah diperoleh hasil penilaian yang meliputi aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik mengalami peningkatan dari sebelum diadakan penelitian tindakan kelas yaitu semula 10 siswa atau sebesar 36% yang dinyatakan tuntas, pada siklus I ada peningkatan menjadi 23 siswa yang tuntas atau sebesar 76,66% dan meningkat lagi pada siklus kedua yaitu 29 siswa atau sebesar 96,66% yang tuntas belajar. Hal ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Kesimpulannya bahwa pembelajaran lompat jauh gaya jongkok menggunakan pendekatan permainan lompat kanguru dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Pedagangan 01 Kabupaten Tegal tahun 2013. Peneliti menyarankan : 1). Diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan proses pembelajaran. 2). Sebaiknya guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan bagi siswa didiknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lompat Jauh Gaya Jongkok, Pendekatan Permainan Lompat Kanguru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:10
Last Modified: 07 May 2014 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19436

Actions (login required)

View Item View Item