UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TIGA POS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SELAPURA01 TAHUN PELAJARAN N2012/2013


GUNTUR SETIAWAN, 6101911003 (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TIGA POS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SELAPURA01 TAHUN PELAJARAN N2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TIGA POS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SELAPURA01 TAHUN PELAJARAN N2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING DEPAN DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN TIGA POS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SELAPURA01 TAHUN PELAJARAN N2012/2013)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (penjasorkes) ditemukan beberapa masalah yang kompeks khususnya pada pembelajaran senam lantai guling depan. Dalam kegiatan pembelajaran siswa mengalami kesulitan. Factor tersebut yang menyebabkan minat dan motivasi siswa berkurang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah permainan tiga pos dalam pembelajaran senam lantai guling depan dapat meningkatkan hasil belajar, minat dan motivasi siswa Kelas IV SD Negeri selapura 01. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam mengikuti pembelajaran senam lanati guling depan pada Siswa Kelas IV SD Negeri Selapura 01 Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran2012/2013 Melalui Permainan Tiga Pos. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas: 1) perencanaan;2) pelaksanaan;3) Pengamatan;4) refleksi. Penelitian yang dilakukan mencakup 3 ranah yaitu ranah kogniti, ranah afektif, dan ranah psikomotorik. Selain itu dilakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran selama kegiatan penelitian berlangsung dan membuat angket kuesioner berupa angket minat dan motivasi pembelajaran, untuk mengetahui sejauh mana kepuasan dan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran derngan menggunakan metode permainan Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan tiga pos di kelas IV SD Negeri Selapura 01 berdampak positif, hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai . Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran senam lantai guling depan melalui permainan tiga pos mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar dan minat serta motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rat jawaban siswa yang menyatakan sangat setuju 85,7% pada angket minat siswa, dan siswa menjawab sangat setuju 89,3% pada hasil angket motivasi siswa. Dari hasil penelitian maka disampaikan saran sebagai berikut: 1) dalam pembelajaran senam lantai guling depan sebaiknya guru menggunakan media yang sesuai dengan karakteristik siswa,2) menerapkam metode serta media pembelajaran yang sesuai materi 3) siswa sebaiknya memotivasi diri dalam belajar, agar mencapai hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, guling depan, permainan tiga pos.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:10
Last Modified: 07 May 2014 12:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19435

Actions (login required)

View Item View Item