PENGEMBANGAN PERMAINAN OUTBOUND UNTUK MENDORONG PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR SISWA PAUD HIDAYATULLAH KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2013


Yuli Wulandari, 6101409142 (2013) PENGEMBANGAN PERMAINAN OUTBOUND UNTUK MENDORONG PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR SISWA PAUD HIDAYATULLAH KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERMAINAN OUTBOUND UNTUK MENDORONG PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR SISWA PAUD HIDAYATULLAH KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2013]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERMAINAN OUTBOUND UNTUK MENDORONG PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK DASAR SISWA PAUD HIDAYATULLAH KECAMATAN MRANGGEN KABUPATEN DEMAK TAHUN 2013)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memasuki pendidikan jasmani sebagai bagian dari pengembangan kemampuan dasar untuk meningkatkan kemampuan jasmani anak sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun dalam kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal. Maka perlu adanya modifikasi dalam proses pembelajarannya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana model pengembangan permainan outbound untuk mendorong peningkatan keterampilan gerak dasar siswa PAUD Hidayatullah Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak tahun 2013 ?”. Tujuan penelitian ini menghasilkan model pengembangan permainan outbound untuk mendorong peningkatan keterampilan gerak dasar siswa PAUD Hidayatullah Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak tahun 2013 dalam pembelajaran fisik motorik sehingga dapat mengembangkan berbagai aspek pembelajaran dan meningkatkan aktivitas jasmani siswa PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Adapun prosedur pengembangan produk meliputi analisis produk yang akan diciptakan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan produk akhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli, serta menggunakan hasil pengamatan dilapangan dan hasil wawancara oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji ahli diperoleh persentase rata-rata hasil analisis produk skala kecil sebesar 87,55% dengan kriteria “baik”. Oleh karena itu dapat digunakan untuk uji coba skala besar. Data hasil uji skala besar diperoleh persentase rata-rata sebesar 93,33% dengan kriteria “sangat baik”. Data hasil pengamatan dan wawancara siswa pada uji coba skala kecil diperoleh rata-rata dengan persentase 73,51% dengan kriteria “baik”. Data hasil pengamatan dan wawancara siswa uji coba skala besar diperoleh rata-rata dengan persentase 83,93% dengan kriteria “baik”. Pada uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar terjadi peningkatan hasil pengamatan dan wawancara siswa dengan persentase 10,42%. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengembangan permainan outbound untuk mendorong peningkatan keterampilan gerak dasar efektif dan sesuai dengan karakteristik siswa yang sangat aktif bergerak dan sangat senang bermain sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada PAUD. Diharapkan bagi guru pada PAUD dapat menggunakan model permainan outbound untuk mendorong peningkatan keterampilan gerak dasar ini. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian materi pembelajaran fisik motorik untuk siswa PAUD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gerak Dasar, Permainan Outbound, Pengembangan.
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:53
Last Modified: 07 May 2014 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19432

Actions (login required)

View Item View Item