UPAYA MENINGKATKAN MINAT, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA HANG STYLE DENGAN MEDIA BOLA GANTUNG BAGI SISWA KELAS VIII A SMP N 1 RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA TAHUN 2012/2013


EKO ARIYANTO, 6101409129 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MINAT, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA HANG STYLE DENGAN MEDIA BOLA GANTUNG BAGI SISWA KELAS VIII A SMP N 1 RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN MINAT, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA HANG STYLE DENGAN MEDIA BOLA GANTUNG BAGI SISWA KELAS VIII A SMP N 1 RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA TAHUN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN MINAT, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA HANG STYLE DENGAN MEDIA BOLA GANTUNG BAGI SISWA KELAS VIII A SMP N 1 RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA TAHUN 2012/2013)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (penjasorkes) ditemukan beberapa masalah yang komplek khususnya pada pembelajaran lompat jauh. Dalam kegiatan pembelajaran tersebut siswa terlihat kurang berminat dalam mengikuti pelajaran dan kurang termotivasi untuk mau dan bisa melakukan teknik gerakan lompat jauh yang benar. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor :(1) Siswa terlihat kurang tertarik pada pelajaran Penjas. (2) Siswa cepat bosan pada saat mengikuti pelajaran Penjas. (3) Guru kurang kreatif menciptakan modifikasi alat-alat untuk pembelajaran Penjas. (4) Guru kesulitan dalam membangkitkan minat dan motivasi siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan media bola gantung dalam pembelajaran lompat jauh gaya hang style pada mata pelajaran penjasorkes dapat meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP N 1 RANDUBLATUNG. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat, motivasi dan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran lompat jauh gaya Hang Style pada siswa kelas VIII A SMP N 1 Randublatung Blora tahun ajaran 2012/2013 melalui media bola gantung. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri atas : 1) perencanaan; 2) pelaksanaan tindakan; 3) pengamatan; 4) refleksi. Penelitian yang dilakukan mencakup 3 ranah yaitu ranah psikomotorik, ranah afektif, ranah kognitif. Selain itu dilakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran selama kegiatan penelitian berlangsung dan membuat angket kuesioner berupa angket minat dan motivasi pembelajaran, untuk mengetahui sejauh mana kepuasan dan ketertarikan siswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan media. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar lompat jauh gaya hang style dengan media bola gantung di kelas VIII A SMP N 1 Randublatung Kabupaten Blora berdampak positif hal ini terlihat pada hasil ketuntasan belajar siswa yang melebihi KKM yang telah ditetapkan yaitu 75 mengalami peningkatan yaitu pada siklus I ketuntasan belajar mencapai 73, 53 % sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar mencapai 91,18 %. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat jauh gaya hang style dengan menggunakan media bola gantung mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran tersebut sehingga mereka menjadi termotivasi dan berminat untuk belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat, motivasi, hasil belajar, lompat jauh
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:53
Last Modified: 07 May 2014 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19430

Actions (login required)

View Item View Item