PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN FORMULA 1 (RUN, JUMP, THROW) PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2013


Imaniar Rachman, 6101409097 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN FORMULA 1 (RUN, JUMP, THROW) PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN FORMULA 1 (RUN, JUMP, THROW) PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2013]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ATLETIK MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN FORMULA 1 (RUN, JUMP, THROW) PADA SISWA KELAS VII SMP N 5 PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah :Penyelenggaraan pendidikan jasmani di sekolah menengah pertama, khususnya pada pembelajaran atletik belum dikemas dengan tepat, sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan siswa, baik dari segi, psikomotorik, afektif dan kognitif. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah : Menghasilkan model pengembangan pembelajaran atletik melalui modifikasi permainan Formula 1 (Run, Jump, Throw) yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas VII SMP N 5 Pemalang kabupaten Pemalang. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal, (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama (5) uji coba lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 5 Pemalang kabupaten Pemalang tahun ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, dari kelas VII yang terdiri dari sepuluh kelas, diambil satu kelas secara acak dipilih sebagai kelas penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar evaluasi dan kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif presentase.Sedangkan data yang berupa saran dan alasan dalam memilih jawaban dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Dari hasil penelitian pengembangan ini diperoleh penelitian uji coba kelompok kecil 89 % (baik) dengan nilai psikomotor 90 % (baik), kognitif 89 % (baik) dan afektif 89 % (baik) dan pada penelitian uji coba lapangan diperoleh 93 % (sangat baik) dengan nilai psikomotor 93 % (sangat baik), kognitif 91 % (sangat baik), dan afektif 94 % (sangat baik). Dari simpulan hasil penelitian maka disarankan beberapa hal sebagai berikut: (1) model permainan Formula 1 (Run, Jump, Throw) yang telah dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai materi pembelajaran atletik untuk siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pemalang. (2) model permainan Formula 1 (Run, Jump, Throw) sebagai produk yang telah dihasilkan dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian pembelajaran penjasorkes melalui permainan atletik untuk siswa kelas VII SMP. (3) bagi guru penjasorkes di Sekolah Menengah Pertama (SMP)diharapkan dapat mengembangkan model- model permainan atletik yang lebih baik dan menarik lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Atletik, Modifikasi Permainan Formula 1 (Run, Jump, Throw)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:53
Last Modified: 07 May 2014 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19427

Actions (login required)

View Item View Item