PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN GAME EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII


Nur Ika Aristin, 4101409054 (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN GAME EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN GAME EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII]
Preview
PDF (PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN GAME EDUKASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII)
Download (9MB) | Preview

Abstract

Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya, kompetensi kemampuan pemecahan masalah sangat sulit dicapai oleh siswa terutama pada materi geometri. Berdasarkan laporan hasil UAN tahun 2011/2012 yang dikeluarkan oleh BSNP, terlihat bahwa pencapaian kompetensi kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi geometri masih rendah. Kemampuan menyelesaikan masalah siswa SMP N 1 Klirong, yang berkaitan dengan luas bangun datar pada tingkat sekolah daya serapnya masih sangat rendah yaitu 37,82%, pada tingkat kabupaten 39,82%, pada tingkat provinsi 29,91%, dan pada tingkat nasional 31,04%. Penerapan pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) berbantuan game edukasi dilakukan sebagai upaya pengembangan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui latihan soal yang dikemas dalam bentuk permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran TGT berbantuan game edukasi dalam membantu siswa kelas VII SMP N 1 Klirong mencapai ketuntasan belajar serta terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi segiempat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Klirong. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Siswa kelas VII-3 terpilih sebagai siswa kelas eksperimen dengan pembelajaran TGT berbantuan game edukasi dan siswa kelas VII-4 terpilih sebagai siswa kelas kontrol dengan pembelajaran kooperatif. Dari hasil uji ketuntasan belajar individual dan klasikal menunjukkan bahwa siswa pada kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Dari hasil uji perbedaan rata-rata diperoleh = 1,670. Hal ini berarti rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran TGT berbantuan game edukasi lebih baik dari rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran kooperatif. Dari hasil uji proporsi diperoleh . Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran TGT berbantuan game edukasi dapat membantu siswa kelas VII SMP N 1 Klirong dalam mencapai ketuntasan belajar pada materi segiempat dan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran TGT berbantuan game edukasi lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif pada materi pokok segiempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: game edukasi, pemecahan masalah, TGT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:53
Last Modified: 07 May 2014 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19425

Actions (login required)

View Item View Item