SURVEI MOTIVASI MASYARAKAT KOTA PURWODADI UNTUK BERAKTIVITAS GERAK OLAHRAGA MENYONGSONG KEBIJAKAN CAR FREE DAY DI KABUPATEN GROBOGAN SETIAP MINGGU PADA TAHUN 2013


Beni Adhi Ristanto, 6101409055 (2013) SURVEI MOTIVASI MASYARAKAT KOTA PURWODADI UNTUK BERAKTIVITAS GERAK OLAHRAGA MENYONGSONG KEBIJAKAN CAR FREE DAY DI KABUPATEN GROBOGAN SETIAP MINGGU PADA TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI MOTIVASI MASYARAKAT KOTA PURWODADI UNTUK BERAKTIVITAS GERAK OLAHRAGA MENYONGSONG KEBIJAKAN CAR FREE DAY DI KABUPATEN GROBOGAN SETIAP MINGGU PADA TAHUN 2013]
Preview
PDF (SURVEI MOTIVASI MASYARAKAT KOTA PURWODADI UNTUK BERAKTIVITAS GERAK OLAHRAGA MENYONGSONG KEBIJAKAN CAR FREE DAY DI KABUPATEN GROBOGAN SETIAP MINGGU PADA TAHUN 2013)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah keinginan masyarakat Purwodadi untuk melakukan aktivitas olahraga yang tidak didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, sehingga pemerintah Kabupaten Grobogan mengeluarkan kebijakan mengadakan acara car free day yang dilaksanakan setiap minggu pada jam 06.00 - 09.00 WIB di sepanjang Jalan R. Soedrasono Kota Purwodadi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah motivasi masyarakat Kota Purwodadi untuk beraktivitas gerak olahraga menyongsong kebijakan car free day setiap hari Minggu di Purwodadi tahun 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui motivasi masyarakat Purwodadi untuk beraktivitas gerak olahraga menyongsong kebijakan car free day di Purwodadi tahun 2013. Penelitian kuantitatif ini menggunakan pendekatan survei. Dengan populasi yang digunakan adalah semua peserta yang hadir dalam acara car free day di kota Purwodadi setiap minggu berjumlah lebih 500 orang. Dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden terbagi 4 kategori usia yaitu anak-anak 25 orang, remaja 50 orang, dewasa 15 orang, serta otang tua (lansia) 10 orang. Menggunakan rumus deskkriptif prosentase (DP) untuk mencari jumlah sampel. Teknik pengambilan datanya menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan 100 responden didapatkan data yang menunjukan bahwa motivasi masyarakat kota Purwodadi untuk berolahraga dalam kegiatan car free day tergolong tinggi, ini terbukti dengan prosentase hasil penelitian menunjukan angka 90% dari 100 responden memiliki motivasi tinggi, sedangkan sisanya 10% responden memiliki motivasi sedang dalam kegiatan car free day dan 0% motivasi rendah. Simpulan dari penelitian ini adalah motivasi masyarakat Kota Purwodadi untuk beraktivitas gerak olahraga menyongsong kebijakan car free day setiap minggu di Purwodadi tergolong tinggi. Saran dalam penelitian ini bagi penyelenggara yaitu untuk senantiasa meningkatkan kualitas kegiatan dengan cara memanfaatkan sekecil apapun potensi setiap instansi dan masyarakat yang ingin berpartisipasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Berolahraga, CarFree Day
Subjects: O Sport > Physical fitness
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22797 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 12:53
Last Modified: 07 May 2014 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19424

Actions (login required)

View Item View Item