PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM BERBANTUAN SCAFFOLDING MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMK


Restyanna Yanu Pratiwi, 4101409023 (2013) PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM BERBANTUAN SCAFFOLDING MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM BERBANTUAN SCAFFOLDING MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMK]
Preview
PDF (PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SUPERITEM BERBANTUAN SCAFFOLDING MATERI TRIGONOMETRI KELAS X SMK)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang dilakukan guru selama ini hanya berorientasi pada penguasaan matematika sebagai ilmu pengetahuan, bukan penguasaan akan kecakapan untuk dapat memahami dunia sekitarnya dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga perlu dibentuk karakter yang dapat menunjang kebutuhan siswa tersebut. Salah satu aplikasinya adalah mampu mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah. Untuk itu penelitian ini menilai 3 aspek hasil belajar siswa yaitu afektif, psikiomotorik, dan kognitif. Model pembelajaran yang dapat membentuknya adalah model pembelajaran Superitem berbantuan scaffolding. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Superitem berbantuan scaffolding pada materi trigonometri kelas X SMK dapat meningkatkan karakter rasa ingin tahu, ketrampilan pemecahan masalah, dan dapat mencapai KKM pada siswa yang ditentukan pada kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 10 Semarang tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive pada kelas X RPL 2 dengan 5 siswa sebagai subjek penelitian. Subjek 1 adalah siswa peringkat pertama, subjek 2, 3 dan 4 adalah siswa pada kuartil pertama, kedua dan ketiga. Sedangkan subjek 5 adalah siswa pada peringkat terakhir. Hasil penelitian menunjukkan karakter rasa ingin tahu dan ketrampilan pemecahan masalah kelima subjek penelitian meningkat ditunjukkan dengan peningkatan skor gain yang diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara. Karakter rasa ingin tahu S1 mendapatkan gain dengan kriteria tinggi sedangkan keempat subjek yang lain yaitu S2, S3, S4, dan S5 sedang. Hasil pengamatan ketrampilan pemecahan masalah menghasilkan gain dengan kriteria tinggi semua. Kemampuan pemecahan masalah kelima subjek penelitian mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu ≥71. Peringkat pertama adalah S1 (99,7), kedua S5 (75,8), ketiga S2 (75,6), peringkat keempat dan kelima adalah S3 dan S4 dengan nilai sama (75,8). Simpulan pada penelitian ini adalah model pembelajarn Superitem berbantuan scaffolding dapat meningkatkan 3 aspek hasil belajar yaitu afektif, psikomotorik, dan kognitif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Pemecahan Masalah, Scaffolding, Superitem, Trigonometri.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 13:03
Last Modified: 07 May 2014 13:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19421

Actions (login required)

View Item View Item